Lebih Baik Telat Nikah Daripada Telat 3 Bulan

sumber : pairedlife.com

Lagi musim nikah muda ya ?



Jadi gini loh gaes, marakya musim nikah muda ini.
Bikin gue yang bisa dibilang ngga punya pasangan alias single itu ngerasa sedih pake banget.
Sedihnya kenapa ? Ya gimana ngga sedih orang ditanyanya "Kamu kapan nyusul ka ?" gitu mulu.

Dan yang nanya kaya gitu, kebanyakan ya kalo ngga tetangga, ya temen yang udah punya pasangan atau temen yang lagi kita datengin acara pernikahannya.

Lagian gini loh ya, yang nikah kita. Yang bakalan seatap, serumah, seranjang, tiap harinya itu kan kita bukan mereka.
Ya emang sih nikah muda itu ngga salah dan juga banyak kok manfaatnya, tapi itu buat pasangan-pasangan yang sama-sama udah siap mental lahir batin dan udah paham satu sama lain, juga udah merancang masa depan setelah menikah nantinya.
Tapi kalo toh emang jodohnya belum ada dan emang belum siap juga mau gimana ?
Contohnya : Dia minta di buatin sarapan, lah gue aja biasa sarapan nyari (beli) sendiri atau dimasakin mama, nah ini harus membiasakan diri nyiapin sarapan buat gue dan suami. Membiasakan loh ya bukan cuma sehari atau dua hari.
Intinya sih kalian harus siap membiasakan diri dari kebiasaan buruk kalian, btw ini lagi cerita soal gue ya. Jadi netizen ngga perlu mikir ini tertuju buat semua cewek. Yang jelas gue cuma ngga mau harus menjadi orang lain demi menjaga image di depan suami atau mertua.


Gue ini tipe cewek mageran alias malesan. Kadang aja disuruh orangtua sendiri suka ntar-ntaran, nah udah punya suami pasti kalo masih punya kebiasaan males.
Kenapa gue bisa berasumsi begitu ?
Sekarang gini aja deh mending telat nikah tapi sakinah mawaddah warahmah sampe kakek nenek atau nikah cepet tapi cuma bertahan 1 sampai 2 tahun terus jadi janda atau duda ?


Gini ya gaes, daripada kalian berkampanye soal nikah muda cuma biar terhindar dari zina. Mending kalian berkampanye tentang ngajakin belajar yang rajin dan hindari pergaulan bebas gitu, apalagi yang masalah narkoba sampe seks bebas, ngajakin buat ngaji bareng kek, atau ngelakuin hal-hal positif lainnya biar mereka ngga pacaran yang jatohnya jadi zina. 

Sebenernya zina itu banyak macemnya loh dan bukan cuma untuk larangan buat orang yang pacaran doang. Gue ngga mau so tau ya tapi mendingan kalian coba perdalam lagi deh ilmu agama kalian. Intinya gue ngga bisa terima aja kalo ada anjuran nikah muda cuma buat menghindari zina. Karna yang namanya nafsu setan itu selalu ada tergantung gimana manusianya.

Ya gue sendiri ngga munafik loh ya, namanya juga anak muda urusan cinta itu kan ngga bisa dipungkiri. (Gue seriusan masih muda loh gaes)
Udah beda jaman sekarang tuh, orang-orang kampung aja yang punya tradisi nikah muda aja sekarang banyak kok yang nikah di atas umur 25 tahun tapi mereka terhindar dari zina.


Fyi, gue ini termasuk orang yang kurang setuju sama anjuran nikah muda dengan alasan tertentu.
Soal menghindari zina ? Gampang, jangan mikirin soal nganu atau ena-ena mulu.
Masalah nikah muda itu bukan cuma masalah finansial belaka loh ya gaes.
Ngga semua pasangan yang nikah muda itu murni dengan niat agar terhindar dari zina.
Nah pas udah nikah tapi semuanya ngga berjalan sesuai rencana,
Lebih baik telat nikah deh daripada telat 3 bulan mah #eeehh


Iya kalo kalian pake cara kawin dulu baru nikah terus akhirnya bahagia.
Udah dulu ya bahas ena-ena sama kutek-kutekannya, kita balik lagi ke masalah pernikahan.
Inget loh gaes, pernikahan itu bukan cuma sekedar PESTA atau ajang PAMER ACARA.
Karna sebaik apapun karakter kalian, belum tentu baik pula dimata mertua atau keluarga pasangan kalian. Yang belum tentu juga, mertua atau keluarga pasangan kalian itu bisa nerima karakter kalian ? Sekalipun kalian langsung tinggal dirumah yang udah di siapin khusus buat hidup berdua, karakter kalian ngga akan bisa berubah mungkin hanya sedikit ditambah dengan yang lebih baik lagi.


So, jangan cuma karna ngeliat pesta megah, gaun indah, foto dan video yang romantis, atau foto dan video yang seru bareng temen-temen yang dateng ke acara pernikahan.
Dan juga jangan cuma baru kenal beberapa bulan atau cuma 1 tahun doang karna ngeliat dia baik dan terlihat sempurna dimata kalian, terus kalian yakin banget kalo dia itu emang jodoh yang baik dan cocok buat kalian. Yang udah kenal bertahun-tahun aja bisa ketipu.
Ini khusus cewek ya, kebanyakan cowok itu cuma manis dan baik diawal buat ngejar kalian doang, kalo udah bisa dapetin kalian mah nanti juga ketauan sifat asli dan buruknya gimana. Gue sebutnya kebanyakan loh ya bukan semua cowok.


Ibarat kata nih ya, kalian harus udah tau luar dalem pasangan kalian itu gimana, bukan isi dalemannya loh ya.
Jadi harus pastiin dulu, kita itu kenal betul gimana sifat dan manusia macem apa pasangan sehidup semati kita ini.
Jadi pada intinya kalo emang kalian bener-bener mau nikah muda apalagi niatnya karna ibadah dan menjauhkan diri dari zina, kalian harus siap mental. Kalo emang kalian udah bisa menerima segala kekurangan dan kelebihan masing-masing pasangan kalian, baik itu dari segi ekonomi dan lainnya. Kalian mau nikah muda itu silahkan aja, sah sah aja kok.
Apalagi kalo kaya pasangan ini Nurully Hutami Putri sama Angga Setiadi gue dukung banget malah. Cuma yang salah itu kalo kalian mau nikah muda, cuma karna ngeliat pasangan muda lainnya bahagia dengan pesta yang mewah, gaun dan foto prewedding yang indah, atau bahkan cuma gara-gara terhasut omongan eek kebo temen kalian atau orang lain yang mulutnya minta banget dilakban pake kawat karatan. Itu salah banget gaes.
Buat gue pribadi nikah itu harus karna ibadah di dukung oleh kesiapan mental dan harus sama pasangan yang seiman juga beriman, ngerti agama dan takut sama Allah biar ngga nyesel nantinya.


Menurut gue suami yang beriman, ngerti agama dan takut sama Allah itu udah pasti banget bisa bikin kita bahagia dunia akhirat. InshaAllah. Karna apa ?
Karna suami yang beriman, ngerti agama dan takut sama Allah itu ngga bakal nyakitin hati istrinya ataupun anak-anaknya terutama anak perempuannya, ngga bakal tega ngeliat istri dan anaknya hidup susah karna dia pasti bakal selalu berusaha membahagiakan keluarganya, selalu ngajarin dan nuntun anak istrinya ke jalan Allah menuju surga dan semua yang kebaikan lainnya lah pokoknya suami yang beriman, ngerti agama dan takut sama Allah itu udah pasti jodoh terbest lah.

Sekali lagi gue ingetin buat para calon-calon pasutri muda.
Buat para single yang belum punya pasangan dimohon bersabar.


Maaf ya kalo blog gue yang kali ini isinya terlalu sok dewasa atau kurang berkenan buat yang baca.

Pernah sih diledekin sama mama sekali dua kali doang,
terus sama keluarga yang lainnya juga kadang gitu "Lo kapan ? Kapan lo nyusul ?"
dan gue cuma bisa jawab NANTI MASIH LAMA !
terus pergi deh biar ngga ditanya-tanya lagi.

Emang kalian yang cuma ngompor-ngomporin mau tau dan mau bantu soal duka dan beban hidup yang bakal gue alamin nantinya ? Engga kan ?
Yaudahlah gitu ya, ngga perlu kalian pake repot mendesak gue buat cepetan nikah muda.
Aku kudu piye ?
Gue pun belum siap kok, buat setiap harinya ngeliat tingkah laku suami yang mungkin bakal sering menjengkelkan nantinya.

Ya emang sih namanya juga udah jadi istri tapi kan tetep aja istri bukan pembantu.
Ya suami juga harus mau tau dan ngerti lah gimana malesnya sang istri.
Kalo udah siap jadi suami ya harus siap juga nerima tanpa ngeluh sifat males sang istri.

Si suami bakal mengkritik gue dan bisa aja dia jadiin kebiasaan males gue itu sebagai alasan buat cari yang lebih rajin atau yang lebih baik lagi dari gue, cuma karna dia ngga bisa nerima kekurangan gue atau kebiasaan buruk gue itu. Maka dari itu gue ngga mau buru-buru nikah dan akhirnya salah pilih calon suami, ya emang sih jodoh kan udah di atur Allah. Tapi kan namanya manusia juga bisa aja salah milih soal jodoh. Jangan sampe sama-sama baik di awal karna belum saling lebih mengenal satu sama lain, terus setalah tau sifat buruknya masing-masing malah nyesel dan menderita. MitAmitDah

Karna sudah banyak buktinya suami mabok janda.
#eeh maap ngga usah sambil nyanyi juga ya bacanya.

Maksud gue, karna udah banyak fakta dan bukti nyata dari lingkungan sekitar dan kisah nyata teman-teman gue di media sosial.
Mending kalo jadi janda atau duda tapi belum berbuntut (anak).

Cuma gue kurang setuju aja, kalo ada orang yang menganjurkan nikah muda hanya dengan alasan biar menjauhkan diri dari zina.
Emang kalian pikir orang yang ngga punya pasangan bisa ngga berzina ?
Orang yang udah punya istri/suami kalian kira mereka udah bebas dari zina ?

Ilmu agama gue emang ngga seberapa, masih seujung kuku doang.
Cuman hidup itu kalo mau dikaitin soal agama juga harus pake logika.
Jodoh, rezeki, maut itu udah di atur sama Allah. Jadi kalian ngga perlu ngompor-ngomporin orang yang belum siap nikah muda buat nikah muda cuma demi ngejawab pertanyaan "kapan nikah ?" dari kalian.

Ya walaupun kadang kalo liat temen nikah, hati kecil gue itu suka iri dan berkata ingin nikah muda juga seperti mereka. Tapi kalo logika gue udah jalan dan otak gue udah nyambung lagi, gue akan sadar sama sifat iri gue yang bodoh itu.

Kenapa bodoh ?
Ya bodoh lah, secara gue aja sekarang masih jadi tulang punggung keluarga dan masih harus biayain sekolah adek-adek gue. Kalo gue nikah muda masa gue harus nyusahin suami gue, sekalipun dia ngga keberatan ya gue tetep ngga mau. Gue punya alasan logis sendiri kok yang kalo gue jelasin pasti kalian paham. Tapi kalo ada yang tanya aja, ngga perlu di jawab disini juga.

Atau jangan mikirin lawan jenis apalagi mikirin soal cinta-cintaan mulu.
Belajar kek buat jadi orang yang berhasil atau cerdas, olahraga, main game juga gpp mendingan begitu, atau berorganisasi, banyakin kegiatan yang positif dan hal baik lainnya. Bukan malah maksain nikah muda padahal ekonomi dan terutama mental belum siap, cuma demi mengindari omong kosong orang lain yang ngga akan mikirin nasib kita nantinya setelah nikah.

Gini deh, okelah kalo bapak lo kaya atau bapak suami lo kaya atau juga lo sendiri yang udah cukup mapan, tapi kalo mental belum siap gimana ?
Bayangin deh kalo nikah muda belom siap secara mental terus kebablasan punya anak.
Anak yang kita hasilin itu berhak dapetin kehidupan yang layak loh. Dan kehidupan yang layak itu bukan cuma masalah finansial. Kalo orangtuanya si anak aja masih labil dan suka umbar-umbar aib masing-masing disosmed pas lagi berantem, atau orangtuanya masih suka kelayapan sana sini ngurusin ego masing-masing, atau juga nih yang kebanyakan banget orangtuanya masih sama-sama sibuk kerja karna gila duit sampe ngga punya waktu buat si anak. Alesannya mah biar anaknya seneng dan ngga hidup susah.
Tapi nyatanya si anak jadi kurang kasih sayang dan kurang perhatian orangtua.

Gimana mau menciptakan lingkungan yang baik dan layak buat si anak ?
Coba pikirin baik-baik. Persiapkan matang-matang.
Dan jaman sekarang juga itu kan kebanyakan yang nikah muda karna kebablasan,
alias sudah membuat anak duluan baru diresmikan. Jadi bebas zina nya dimana ?
Ini terlepas dari persoalan agama loh ya.

Karna emang cowok jaman sekarang ataupun jaman dulu itu,
kebanyakan mau ena-enanya doang. Manisnya cuma di awal doang.
Gue yakin kok pasangan-pasangan yang kebablasan dan akhirnya nikah itu pasti awalnya di janjiin hal-hal manis sama si cowok. Emang sih tetep aja, pasti mereka ngelakuinnya juga atas dasar suka sama suka, mau sama mau, cinta sama cinta, sayang sama sayang.
Dan ngga sedikit juga kok yang berhasil dengan cara kawin dulu baru nikah biar bisa sama-sama terus atau biar direstuin orangtua dan menjalani kehidupan yang bahagia.
Tapi disini gue bahas tentang yang pahit-pahitnya karna belum tentu apa yang kita rencanain indah itu bakal sesuai sama harapan.
Kalo ngga ? Ngga kasian emang sama diri kalian sendiri atau sama anak kalian nantinya ?

Nikah itu kalo udah siap mental aja, jangan karna unsur paksaan.
Kalo mental kalian siap, walaupun ekomoni pas-pasan apalagi niat nikahnya karena ibadah.
Pasti semua masalah hidup kalian bisa dihadapin bersama kok.

Kalo ngga mau kebablasan ya jangan main kutek-kutekan. Simple toh ?!
(bahasa kutek-kutekan ini terinspirasi dari mba monica agustami).

Pernikahan itu komitmen seumur hidup loh gaes.
Percaya deh, pernikahan itu ngga seindah foto prewedding.
Kalian ngga tau kan berapa banyak editan, berapa banyak hasil foto yang dibuang,
berapa lama durasi video yang dipotong, kalian juga ngga tau proses jatuh bangun
dan ribut ribet dibaliknya. Sampe akhirnya jadi foto dan video yang bikin pasangan ababil
atau bahkan para single pun ikutan sirik dan iri pengen cepet nikah yang padahal jodohnya belum ada. Hahaha syedih gak tuh !!

Setelah kalian jadi ratu dan raja sehari semalem,  kehidupan yang sebenarnya baru dimulai.
Pesta sehari semalam kalian itu ngga bakal bisa langsung ngerubah kebiasaan buruk kalian.
Pesta sehari semalam yang kalian adain itu cuma bakal ngerubah status dan nama belakang kalian, tapi karakter kalian tetep sama. Ya emang sih ngga harus berubah jadi orang lain, cuma kan kalo kalian udah sah jadi pasangan suami istri apalagi kalo tinggalnya masih sama mertua apa kalian yakin bakal tetep jadi karakter kalian yang buruk ?

Terus itu bikin kalian yang belum siap mental, langsung iri dan kebelet pengen ikutan cepet nikah. Pastiin dulu, kita kenal betul siapa manusia yang bakal nemenin kita sampe akhir hayat. Apalagi kalo yang kasusnya nikah karna perjodohan, jangan sampe deh ibarat beli kucing dalam karung.

Coba deh sering nonton acara UNGKAP yang ada di SC*V.
Kalo bahasa kasarnya sih tau taik-taiknya si pasangan itu gimana.
Pastinya kalian mau dong pernikahan yang hanya sekali seumur hidup.
Soalnya pasangan muda jaman sekarang itu kan pada labil, ngambek dikit atau marah dikit ancemannya cerai lah, selingkuh lah, minta balik kerumah orangtua lah atau semacamnya.

Apakah kita betah pas bangun tidur, mau tidur, mau makan, mau pergi, pas pulang dari mana-mana yang kita lihat dia lagi dia terus dia mulu.
Ditambah lagi dengan segala karakter dan sifat yang pasti ada kurangnya dan menjengkelkannya. Pasangan hidup yang baik itu bakal membuat dunia kita serasa di surga,
walaupun gue belum pernah ke surga. Tapi gue percaya surga itu indah dan damai.
Sedangkan kalo kita salah pilih pasangan hidup, itu judulnya menghadirkan neraka di bumi.
Ya ibarat nancepin pisau ke perut sendiri gitu lah.

Kenali dulu dengan betul calon pasangan hidup kalian.
Jangan menikah hanya karna godaan teman yang kaya setan.
Menikahlah saat mental kalian siap lahir dan batin.
Siap untuk menghadapi beban hidup mulai dari masalah ekonomi,
waktu, hati dan sikap pasangan kalian juga sampai masalah anak nantinya.
Jangan menikah karena jaman apalagi karena paksaan.
Jangan siksa diri kalian sendiri.
Sayangi hati dan diri kalian sendiri.
Persiapkan mental kalian sebaik dan sesiap mungkin.
Pernikahan bukan sekedar ajang pembuktian.
Tapi suatu hal yang sakral yang harus dipertahankan juga dipertanggungjawabkan.
Percayalah semua akan menikah pada waktunya.
Disaat yang tepat dengan jodoh yang tepat.
Ini bukan ujian juga bukan cobaan.
Tapi ini soal persiapan.
Selamat mempersiapkan yang perlu di siapkan ya gaes ☺☺☺

sedikit pemanis buat para calon pasutri muda


~Sri Mulyani Warda Meikha~


Komentar

Popular Post