Banyak Teman Banyak Rezeki ☺

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


www.infokotapalu.com
Selamat pagi para sahabat wanita tegar sekalian☺
Semoga kabar kita hari ini dan seterusnya selalu baik-baik saja didalam lindungan Allah SWT😇
Kali ini gue mau bahas soal TEMAN. Pastinya sahabat wanita tegar semua punya yang namanya teman.
Mau itu teman kecil, teman sepermainan, teman sekolah, teman rumah, teman berantem, teman curhat, teman ngaji, teman sesaat, teman baik, teman jahat, teman palsu, teman pura-pura, teman hidup atau teman imajinasi, teman tapi mesra #eeeh, teman makan teman #loh, teman muka dua #hush dan lainnya.😁
Karena yang namanya teman itu banyak macamnya.
Jadi tinggal kalian kasih judul masing-masing aja ya teman-teman kalian hehehe


Contohnya lagi :
teman rasa pacar
pacar rasa teman
pacar teman kok dirasa rasa #eehkokngaco
#asikinaja #garingdikityangpentingusaha #biargaktegang
😬😬😬


~ Apasih pentingnya TEMAN ?
~ Kenapa sih kita butuh TEMAN dan harus BERTEMAN ?
~ Kenapa sih harus ada yang namanya TEMAN ?

Alhamdulillah banget kalo kita hidup, terus kita punya banyak teman apalagi temannya yang mengajak kepada hal-hal baik dan tidak merugikan. Berteman itu kan boleh sama siapa aja asalkan kita bisa memilih-memilah mana teman yang baik dan mana teman yang tidak baik.
Kalo emang teman kita baik ya Alhamdulillah kita bisa sama-sama mendapatkan kebaikan, sedangkan kalau teman kita tidak baik ya usahain supaya kita bisa merubah dia menjadi lebih baik dan ngga mendapatkan keburukannya dia. Jadi intinya pinter-pinter aja dalam bergaul dan memilah teman.
Kalo emang baik ya boleh lah kamu ikutin dan kalo memang tidak baik sebaiknya kamu ajarkan dia kebaikan dan kalopun memang dia tidak bisa, juga tidak mau menjadi orang baik berarti kamu tidak perlu berteman dengan dia, cukup hanya mengenal dia. Karna buat apa juga temenan sama orang yang ngga baik yang ada nanti kamu rugi sendiri.

Kan ada hadistnya juga :
" Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap." (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

~ Jadi, Apasih pentingnya TEMAN ? 
Menurut gue sendiri, teman itu penting banget.
Karna ngga mungkin kan kita hidup didunia itu tanpa bantuan orang lain, ya walaupun terkadang orang yang ngga kita kenal pun bisa membantu kita tapi kan tetap aja kita butuh yang namanya teman. Toh yang awalnya ngga kenal dan baru kenal pun bisa kita jadiin teman.
Kita hidup kan ngga butuh bantuan orang lain hanya sekali atau dua kali sedangkan kalau kita punya teman kita bisa sering-sering minta bantuan (tapi asal tau diri ya 😄) dan juga lebih mudah buat meminta bantuan. Ya walaupun juga lagi, ngga semua teman bisa membantu masalah yang sedang kita hadapi tapi tetap aja buat gue teman itu penting. Makanya itu banyakin teman kalo si A ngga bisa bantu kan masih ada si B si C si D dan lainnya. Yakali teman segitu banyak ngga ada yang bisa bantu buang aja jauh-jauh temen yang begitu mah #eeeehh 😬😬😬
Jangan mau jadi orang yang ngga punya teman, karna menurut gue Teman dan Berteman itu banyak manfaatnya bukan manfaatin loh ya 😄

~ Kenapa sih kita butuh TEMAN dan harus BERTEMAN ?
Kira-kira menurut kalian sendiri kenapa ??? Hayo kenapa hayoo ???
.....................................................................................................
Kalo gue sih butuh teman karna gue bukan tipe orang yang suka menyendiri apalagi senang sama suasana sepi. Gue ngga mau jadi manusia menyedihkan yang ngga punya teman.
Ngga mau jadi orang kuper atau orang aneh apalagi jadi orang yang ngga bisa bersosialisasi.
Mau kemana-mana pun gue butuh teman, butuh orang yang nemenin gue kesana atau kesini, mau ngelakuin ini itu pun gue butuh teman buat menentukan pilihan, mau cerita ini itu pun gue butuh teman karna ngga semua cerita yang gue punya itu bisa gue pendem sendiri atau cuma gue ceritain sama Allah.

Karna terkadang kita butuh teman yang bisa langsung kasih kita solusi sama masalah yang lagi kita hadapin. 
Gue butuh teman supaya gue bisa bersosialisasi bukan jadi orang pendiem yang ngerugiin diri sendiri.
Karna terkadang kita pun tau hal-hal baru itu dari seorang teman, tau gosip ter up to date juga dari teman, karna kita makhluk sosial jadi kita butuh teman berbagi, baik itu berbagi kisah, berbagi kasih, berbagi suka ataupun duka dan hal yang kita punya lainnya. Karna teman, gue bisa kuat, bisa berani, bisa percaya diri, bisa senang, bisa bahagia, bisa merasa kegilaan dan kegokilan, bisa tertawa, bisa tau dan merasakan apa itu berbagi rasa, bisa semangat, bisa berubah dan merubah itulah alasan gue butuh teman.
Karna berteman kita bisa ngerasain semua hal yang udah gue jelasin di atas. 
Dan masih banyak lagi alasan baik lainnya gue butuh teman dan perlu berteman.

~ Kenapa sih harus ada yang namanya TEMAN ?
Karna dari seorang teman kita bisa membedakan mana yang bisa kita sebut LAWAN.
Karna dari status TEMAN seseorang bisa naik tingkat menjadi SAHABAT atau menjadi PASANGAN.
Karna teman kita bisa punya komunitas, punya grup bahkan geng 😄

Dan kali ini yang gue bahas adalah TEMAN ya guys, beda lagi sama SAHABAT. Lain kali gue bakal bikin blog tentang SAHABATIntinya kalo ada sahabat-sahabat gue yang baca blog ini please ya say gue tetep inget kalian kok kalian udah punya kisah menarik masing-masing dihidup gue 😊

Karna kalian 1 level lebih tinggi dan berarti dari seorang TEMAN bahkan SAUDARA sekalipun.Jadi jangan cemburu ya guys sama blog gue yang ini 😊

*****

Tapi sebenernya pembukaan diatas itu bukan hal utama yang mau gue ceritain disini.
Yang jelas kurang lebih itulah pendapat gue tentang TEMAN.

Gue mau cerita soal teman baru gue 😊
Jadi gini loh guys, Minggu kemaren itu gue dapet teman baru namanya Eva.
Dia itu keponakan bos gue yang lagi libur panjang, dia kuliah di Semarang dan gue lupa nama kampusnya dia itu apa. Kemaren hari Jum'at ,18 Agustus itu gue terakhir ketemu dan terakhir kerja bareng dia, karna dia harus ke Ceger ketempat sodaranya yang lain setelah itu dia balik lagi ke Semarang. Skip aja lah ya.

Kenapa gue kasih judul Banyak Teman Banyak Rezeki
Karena dari cerita dan kisah seorang teman lah, gue banyak belajar.
Yang dimaksud Rezeki disini itu bukan sekedar Materi ya guys.
Ilmu yang didapat dari teman pun itu termasuk Rezeki.

Hari Jum'at kemarin itu gue sempet cerita banyak sama Eva.
Ya sebelum-sebelumnya juga gue dapet beberapa pelajaran dari ceritanya dia.
Karna kerjaan ngga terlalu banyak makanya kita manfaatin buat saling sharing.
Tapi untuk yang hari Jum'at kemarin itu bener-bener ngena banget dihati. 😭 Gue sampe sedikit malu dan hampir pengen nangis. 😖 Awalnya gue cerita ke dia itu pake sedikit emosi, gue cerita soal kehidupan pribadi gue masalah keluarga, soal temen gue, juga sedikit soal percintaan gue.

Ternyata terkadang setiap orang itu ngalamin masalah yang sama dengan apa yang kita punya, yang membedakan itu hanya kasusnya aja.
Contohnya sama-sama ngalamin hal yang sama cuma kasusnya yang berbeda itu :
Masalahnya sama-sama tentang salah paham, hanya saja kamu kasusnya sama pacar kamu, sedangkan dia kasusnya sama temannya atau sama keluarganya. Gitu guys.

Gue itu cerita soal temen gue, yang gue sakit hati banget sama perlakuannya dia sama sikapnya dia dan gue marah, gue kesel, gue kasih tau ke Eva bahwa sampe sekarang pun kalo ngga dia duluan yang minta maaf, gue ngga mau bahas duluan kenapa hubungan gue sama dia bisa jadi begini, sebelum dia minta maaf gue ngga bakal mau selesaiin masalah itu biarin aja dia salah paham terus.

Disitu lah gue dapet pelajaran yang amat sangat berharga. Semua yang dia ceritain bersangkutan dengan Tuhan. Sebelumnya gue kasih tau lagi kalo Eva ini beda keyakinan sama gue alias dia non muslim.
Inget Kak Ken yang dicerita gue sebelumnya kan ? Jadi disini juga sama ya, jangan karna gue muslim terus gue nulisnya Tuhan kalian pada ngejudge gue yang bukan-bukan.

Dan gue tersentuh banget dengan kisah dan solusi dari masalah dia. Gue ini lagi belajar buat selalu melibatkan Allah dalam segala urusan gue. Tapi gue lupa dan khilaf sama apa yang seharusnya gue lakuin dalam menyikapi semua masalah gue. Dan kisah Eva ini menyadarkan gue. Menyadarkan gue tentang harus selalu berfikir positif. Tentang semua masalah dan cobaan itu selalu harus kita hubungkan dengan Tuhan (Allah).

Pesan dia buat gue itu gini  :

"Disaat situasinya seburuk apapun, cobalah berfikir baik meskipun kemungkinannya kecilAku ngga asal bilang ke mbak karna aku udah ngalamin sendiri dan Tuhan udah membuktikan ituAku coba banget untuk tegar dan mukjizat itu datang. Pokoknnya mau pikiran kita semarah apapun, sekesal apapun bahkan seburuk apapun itu, kita harus tetep cari sedikit aja celah untuk tetap berfikir positif."

Jadi intinya semua masalah yang kita hadapin itu pasti ada hikmah tersembunyi yang udah diatur rapih sama Tuhan (Allah). Janji Allah itu kan semua akan indah pada waktunya. 😇Kalo kamu ngerasa udah selalu berbuat baik tapi teman kamu malah berbuat yang sebaliknya ke kamu. Jangan sedih, jangan marah, jangan mengumpat, dan juga jangan mengungkit apalagi sampai dendam. Mungkin aja itu cara Tuhan menguji kamu. Menguji kamu lewat teman kamu. Menguji batas kesabaran kamu. Menguji apakah kamu benar-benar orang yang baik terhadap sesama (teman) ? Apakah kamu termasuk orang yang tau balas budi ? Apakah kamu ikhlas dalam menolong sesama ?

Kalau kamu mengungkit-ungkit soal kebaikan apa saja yang sudah kamu beri dan perbuat ke orang lain berarti semua kebaikan kamu itu sia-sia.😭
Tuhan pun lebih banyak berbuat baik sama kamu tapi apa kamu selalu baik terhadap Tuhanmu sendiri ?
Mungkin juga itu cara Tuhan menyelamatkanmu dari keburukan, dari pilihan yang salah tapi kamu anggap benar. Jadi selalu ada makna hebat (alasan positif) dari semua kejadian yang tidak baik (buruk).

Dan disaat gue cerita soal masalah keluarga gue, ternyata dia malah salut sama gue.
Gue kesel sama orang-orang yang ngga tau gimana usaha gue, gimana cara gue berpikir tapi mereka bisa seenaknya komentarin dan nyuruh ini itu soal hidup gue. 
Dan Eva bilang :

"Mbak bisa loh jadi inspirasi buat orang lain. Aku malah ngga nyangka loh mbak.
Aku aja yang bisa dibilang hidup berkecukupan tapi aku masih suka ngeluh cuma masalah bayar cicilan motor, tapi mbak hebat bisa jadi tulang punggung keluarga di usia yang semuda iniBanyak orang diluar sana yang BrokenHome dan lebih susah dari kitaMbak ngga boleh ngeluh Tuhan pasti liat usaha dan kerja keras mbak kok.

😭 Disitu gue tersadar, Allah lagi nguji gue lewat kelakuan adek gue dan masalah perekonomian keluarga gue. Walapun gue percaya sama usaha ngga akan menghianati hasil tapi terkadang kita sebagai manusia masih suka khilaf, masih suka ngeluh, masih suka lupa kalo kita punya Allah.

Makasih banget ya Va udah nguatin gue, udah semangatin gue, dan udah ngingetin dan nyadarin gue tentang Tuhan (Allah), udah bikin gue ngerasa bangga sama diri gue sendiri.

Dan disitu gue ngerasa malu sama Eva, ngerasa malu sama Allah, ngerasa malu sama diri gue sendiri yang kalo gue pikir-pikir lagi emang ada benarnya juga semua nasehat dari Eva.

Dan gue sadar sikap gue emang ngga baik saat itu. Gue sadar kalo ngga semua hal baik yang udah gue lakuin harus dibalas baik juga sama mereka yang udah pernah gue bantu. Gue lupa kalo teman gue juga udah sering bantuin gue. Gue baru sadar kalo saat kita menolong orang lain ngga seharusnya kita mengharapkan balasan yang sama kepada orang tersebut. Gue lupa soal menolong tanpa pamrih.
Karna mungkin aja suatu hari nanti dia bisa menolong kamu didalam masalah yang lebih besar. Menolong kamu saat kamu benar-benar kesulitan dan hanya dia yang akan dan bisa bantu kamu. Mungkin juga karna Allah menyelamatkan kamu dari hal yang buruk dan itu Allah selamatkan kamu melalui sikap tidak baiknya teman kamu.

Harusnya gue bisa lebih dewasa dalam menyikapi masalah itu. Harusnya gue bisa berfikir positif karna selalu ada hikmah dan kemungkinan yang dahsyat yang ngga pernah gue ketahui. Dan harusnya juga gue ngga perlu peduli sama omongan orang lain yang ngga tau apa-apa tentang perjuangan hidup gue, juga harusnya gue serahin semua sama Allah. Dan yang paling penting, harusnya gue selalu inget ada Allah dan semua karna Allah. 😭😭

Biarin aja manusia tidak menghargai kamu atau usaha kamu, yang penting niat dan perbuatan kamu baik dan benar dimata Tuhanmu. Intinya kamu harus terus belajar dan belajar dalam menyikapi segala hal terutama tentang Ikhlas dan ingat Allah dalam segala masalah.

Dan yang gue ambil hikmah nya dari sini adalah gue sangat bersyukur karna gue mendapat Ilmu tentang :

"Gue harus selalu berfikir postif, harus selalu ingat gue punya Allah yang lebih besar darpada masalah gue."

Gue sangat berterimakasih sama Eva yang udah bantu gue buat merubah dan membuka mindset gue, y
ang udah kasih gue pelajaran hidup dari kisah nyata yang dia punya.
Minggu ini dia balik ke Semarang dan dia nyuruh gue buat main kesana sebelum dia lulus dan balik ke Riau. Dan dia mau nunjukin gue banyak hal dari mulai teman-temannya dia yang dari berbagai macam daerah dan suku, juga tempat wisata yang sering dia kunjungi disana. Insyaallah kalo Allah menghendaki akhir tahun ini atau awal tahun depan gue bakal main ke Semarang ketempat dia 😊 Kalo emang ngga bisa akhir tahun ini atau awal tahun depan semoga kita bisa ketemu disini lagi ya Va kalo kamu ke Jakarta hehehehe 😊


See You Again

*****

Dan kisah lainnya soal teman baru gue adalah tentang seorang cewek bernama Yuri.

Musuh Menjadi Teman

Ntah si ya dulu itu dia juga nganggep gue musuh atau ngga, yang jelas dulu itu gue ngga pernah suka sama dia bisa dibilang benci banget, dikarenakan masalah cowok. Agak ngerasa bodoh sih ya gue, bisa membenci orang yang ngga pernah gue kenal sebelumnya. Yang cuma dengan KATANYA terus gue langsung percaya sepenuhnya. Astagfirullah, semoga Allah udah menghapus dosa gue soal ini dan dosa lainnya. Aamiin. 😇


Jadi dulu itu Yuri ini mantannya pacar gue yang sekarang udah jadi mantan gue juga.

Gue agak bingung gimana ceritainnya hahaha
Ngga perlu diceritain deh ngga baik juga toh kita udah saling memaafkan. Udah ngga mau inget-inget hal ngga penting kaya gitu. Intinya gue ngga nyangka kalo gue sekarang bisa jadi berteman dengan dia. Jujur sih ya dulu itu gue pernah beberapa kali mimpi ketemu dia dan didalam mimpi itu gue emang selalu menjadi teman dia. Gue percaya kok Allah maha membolak-balikkan hati manusia mungkin emang dari awal Allah itu ngga suka sama hubungan gue yang membenci dia. Hubungan yang ngga baik makanya Allah buka pintu hati gue. Segala sesuatu itu emang ngga ada yang ngga mungkin, malah gue berpikir kalo kadang Allah itu udah kasih petunjuk tapi kadang kitanya sendiri yang malah ngga peka.

Gue bisa jadi berteman itu dimulai dari saat lebaran tahun ini, saat gue niat buat berhijrah.
Dan hijrah gue itu dimulai dengan membersihkan diri dan juga hati. Gue berusaha inget-inget siapa aja orang-orang yang dulu pernah gue sakitin hatinya dengan perkataan gue, maupun perbuatan gue.
Mau siapa duluan yang salah tetep aja meminta maaf itu perlu dan penting.
Nah seketika gue inget sama mantan-mantannya mantan gue yang pernah berantem sama gue via media sosial. 
Walaupun via media sosial tapi kan tetep dosa ya, karna pasti mungkin aja mereka marah, sakit hati dan yang lebih parah sampe dendam sama perkataan gue, itu yang gue takutin. 
Gue ngga mau dilaknat Allah cuma karna ada orang yang merasa tersakiti hatinya habis itu dia dendam dan nyumpahin gue, Nauzubillahiminzalik 😖


Makanya gue mulailah memberani kan diri untuk meminta maaf terlebih dahulu dan ngga ada sedikit gengsi. 
Ngga perlu gue ungkit soal siapa yang salah dan siapa yang benar. Allah maha mengetahui. Jadi gue ngga mau nyalahin apalagi merasa benar. Dan Alhamdulillah ternyata responnya baik, responnya diluar dugaan, dan perlu kalian tau nikmat terdahsyat yang gue rasain itu hati gue jadi jauh lebih tenang dari sebelumnya.
Gue sadar ternyata bertahun-tahun gue punya penyakit hati sama mereka.
Dulu itu nih ya karna ada penyakit hati gue terhadap mereka, saat ngeliat atau denger nama mereka aja rasanyanya tuh bawaannya panas aja, kesel, marah, benci tapi setelah saling memaafkan, Alhamdulillah penyakit hati gue hilang dan sembuh. Subhanallah banget kan😇 damai banget, berasa plong dan lega banget dari sesak yang gue simpen selama ini.
Dan hikmah luar biasa yang bisa gue ambil dari sini adalah gue bisa terbebas dari penyakit hati dan malah dapet status baru yaitu berteman 😇 hubungan yang lebih disukain sama Allah daripada gue harus menganggap mereka adalah musuh dan malah bikin rugi hati dan diri gue sendiri.

Dan Alhamdulillah sampe sekarang gue masih berhubungan baik dengan Yuri, malah niatnya gue mau berbisnis bareng. Sekarang ini gue cuma bisa bantu usahanya dia aja dengan cara mengajak teman-teman gue yang lainnya beli barang dagangannya dia. Insyaallah kita bisa terus menjaga tali silaturahmi. 
Biar sama-sama berkah. Aamiin 😇

Jadi seperti inilah yang bisa dibilang Banyak Teman Banyak Rezeki, ntah kita yang mendapatkan rezeki atau sebaliknya teman kita yang mendapatkan rezeki. Tapi kalian harus percaya pasti diantara 2 orang yang menjalin pertemanan dan tali silaturahmi maka 2 orang tersebut lah mendapatkan rezeki dari Allah SWT bukan hanya salah satu diantaranya saja. Karna Allah Maha Adil😇
Pelihara lah silaturahmi maka akan diperluas pula Rezekimu.
Ada hadistnya juga kok " Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahmi " (HR. Bukhari)



Jadi intinya perbanyaklah teman dan peliharalah tali silaturahmi. Niscaya Rezeki kitapun diperbanyak pula oleh Allah SWT. 😇
Ingat !!! Cari musuh itu gampang yang susah itu cari teman. Uang bisa dicari tapi pertemanan yang HQQ tidak bisa dibeli. 😁


~SriMulyaniWardaMeikha~


وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Komentar

  1. Banyak pesan yg bisa diambil sehabis baca blog ini, bikin kita jd lebih bisa bersyukur dan bersabar lg ngadepin semua jalan yg dikasih Allah. Ditunggu blog selanjutnya☺

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah yah.
    Semoga blog saya yang ini dan sebelumnya juga selanjutnya bisa bermanfaat bagi para pembaca :)
    jadi makin semangat bikin blognya hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Silahkan berkomentar sepuas kalian dan semoga bermanfaat. Dimohon kalau berkomentar jangan di Anon ya guys plis banget.

Popular Post