Bangga Jadi Anak Kampung


Indah Nya

Aku cinta tanah kelahiranku.
Seindah-indahnya kampung orang, tetap lebih indah kampung halaman sendiri.
Eaaaa Eaaa Eaaa

Beruntungnya aku memiliki kampung.
Karna kampung, aku jadi punya bahan untuk diceritakan disini.
Ada banyak yang mau diceritain tapi bingung mau mulainya dari mana.😬

Jadi sebelumnya aku mau kasih tau kalian kalo aku itu lahir di Desa Ciseureuh,
Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes - Jawa Tengah.
Dan kampung aku itu deket sama Gunung Kumbang.
Btw ini kampung mama aku ya, karna bapak aku kampungnya di Medan.
Dari dulu sampe sekarang ngga pernah ngga rindu sama kampung halaman tercinta ini.
Dari mulai kampung itu sendiri, orang-orang disana mau itu sodara ataupun tetangga,
dan juga tradisinya bahkan sampe jajanannya selalu bikin rindu pengen balik lagi kesana.
Sebenernya kadang kalo udah pulang kampung suka ngga pengen lagi balik ke Bekasi.
Bukan karna benci Bekasi atau Jakarta, tapi emang karna betah tinggal di kampung sendiri.

FYI orang-orang kampung aku itu selalu nyebut aku dan keluargaku itu orang Jakarta padahal aku tinggalnya di Bekasi 😆😂

Dulu kalo balik ke kampung yang paling dikangenin selain ketemu kakek nenek itu adalah teman-teman. Btw kakek aku udah meninggal dari beberapa tahun yang lalu, huhuhu sedih banget deh kemaren pas pulang kampung ngga sempet berkunjung ke makam kakek 😔
Maafin cucu kesayanganmu ini ya kek.

Dan sayangnya juga tahun ini teman-teman sepantaran aku bener-bener udah pada nikah semua. Malah yang umurnya dibawah aku aja udah pada nikah dan bahkan udah punya anak. Makanya malesnya kalo pulang kampung itu pasti ditanyanya soal nikah mulu.
Karna dikampung aku itu biasanya gadis umur 20 tahun belum nikah disebut perawan tua.

Btw karna semua teman-teman sepantaran aku udah pada nikah dan punya anak, jadi ya kalo pulang ke kampung kangennya main sama anak-anak mereka dan keluarga aku disana.

Kalo inget masa lalu itu rasanya suka kangen banget pengen balik lagi ke masa itu.
Dikampung walaupun banyak temen tapi kebanyakan mereka semua adalah sodara.
Apalagi sekarang, yang dulunya bukan sodara malah jadi pada sodara semua.
Soalnya sodara aku nikah sama orang yang tinggal di kampung yang sama. (ribet ya bacanya)
Jadi tahun ini aku ngerasa kampung aku itu isinya sodara aku semua loh 😂 beneran.
Pusing deh kalo dijabarin silsilahnya gitu.

Kemaren aku tinggal disana itu hampir 2 minggu dan itu rasanya kurang banget, masih betah, masih pengen tinggal disana, tapi apadaya ada tanggungjawab yang harus diselesaikan di Bekasi. Maklum wanita karir 😬🙊

Pulang kampung kemaren itu banyak tempat-tempat yang belum kesampean buat dikunjungi. Karena saat itu aku dalam keadaan haid.
Dan dikampung aku itu masih percaya banget mitos dan hal-hal mistis gitu.
Terlalu banyak pantangan dan aturan yang harus diikutin (dipercaya).

Sampe makam kakek tercinta aja ngga sempet di kunjungin.
Jadi kalo kita dalam keadaan najis gitu kita ngga bisa sembarangan dateng
ke tempat-tempat wisata ataupun tempat-tempat yang sakral gitu.
Ya contohnya kuburan, curug, kali, gunung dan lainnya.
Banyak cerita (kejadian nyata) yang kurang berkenan kalo kita maksain buat liburan ke tempat-tempat yang aku sebutin tadi kalo kita dalam keadaan najis (haid).
Kita ngga permisi atau ngga pamit aja bisa fatal apalagi pergi dalam keadaan najis.
Duh agak merinding lah kalo diceritain mah. Skip aja yaa..

Mudik kemaren itu bener-bener ngga pergi liburan ketempat wisata mana-mana selain kerumah sodara aku yang rumahnya hampir deket gunung.

ini view disamping rumahnya teteh aku

Maaf ya foto yang bisa aku jadiin bukti yang lebih jelas adanya foto ini, sebenernya kalo lagi duduk didepan rumahnya itu kalo kita lihat ke arah atas itu view gunung yang paling gedenya lebih kelihatan jelas.
Oh iya aku ngga bisa liburan ke tempat-tempat wisata itu karna kebetulan sodara (uwa aku) lagi ada acara khitanan, terus habis itu tetangga (sodara jauh sih kayanya) depan rumah juga ada acara nikahan, terus juga sodara aku yang rumahnya deket gunung itu dia sakit dan dirawat padahal aku pengen banget ke curug sama dia. Dia sakitnya dari pas acara hajatan uwa aku sampe hari H aku harus balik ke Bekasi. Jadinya ngga kesampaian deh.

Oh ya FYI again, dikampung aku itu kalo acara hajatan bisa sampe 3-4 harian gitu loh. Acara kondangannya itu beda dari acara kondangan yang aku tau di Bekasi atau Jakarta.

Lanjut ya, beberapa tempat yang mau aku kunjungin jadi wacana semata.
Makanya libur hampir 2 minggu itu kaya ngga ada rasanya.
Orang sampe aku aja ngga sempet ikut ke sawahnya Nenek, dan ngga sempet makan rujak lontong buat yang terakhir kalinya selama aku disana, karna keburu balik ke Bekasi.
Padahal aku pengen banget ikutan ngerasain Panen Jagung itu kaya gimana, padahal kalo pulang kampung terus ngga ikut Nenek ke sawah rasanya kaya kurang afdol.
Dan padahal emang lagi kepengen banget juga makan rujak lontong khas sana.
Tapi apalah daya waktu yang menghalang itu semua.

Makanya balik ke Bekasi tuh kaya ada males-malesnya, apalagi kemaren aku baliknya duluan berdua bapak ku. Mama dan 2 adik aku masih pada menetap semingguan lebih disana.
Sebenernya mereka masih bisa 2 mingguan lagi disana, tapi aku setiap nelpon selalu rewel dan ngerengek nyuruh mama cepet balik ke Bekasi terus.
Padahal juga keponakan aku ngerengek ke mama aku supaya pulangnya nanti aja setelah kenaikan kelasnya dia. Biar mama aku ikut dateng ke acara pengambilan rapor dan mama aku liat hasil rapornya dia. Disana disebutnya unggah-unggahan.
Acara kenaikan kelas disana itu ngga sekedar ambil rapor doang.
Tradisi ambil rapor disana itu acaranya dari pagi sampe malem.

Lanjutin lagi ya, sedihnya udah kaya apa tau deh pas aku udah sampe di Bekasi tanpa mama.
Rumah berasa sepi banget, kaya separuh hidup aku tuh hampa gitu (sumpah ini beneran, bukan lebay), mau ngapa-ngapain pun ngga semangat, rasanya kangen mama terus, maunya setiap hari nelpon mama mulu, soalnya aku itu emang tipe anak yang ngga bisa jauh dari mamanya mungkin bisa dibilang manja sih, habis aku maunya ngebuntutin mama mulu.

Mama di kamar mandi aja, kalo aku ngga lihat atau ngga denger suara mama, pokoknya mama ngga ada didepan aku lah pasti aku cariin. Tapi kalo aku udah tau mama ada dimana baru aku tenang. "Oh mama ada disitu". Yaudah aku diem deh anteng.
Setiap malem selama mama masih dikampung aku nangis terus kaya habis patah hati, dan insomnia terus karna emang takut juga tidur sendirian apalagi sempet mimpi serem banget gitu. Untung aja setiap insomnia ada yang nemenin chattingan walaupun dia selalu ngeselin. Eeeh kok malah curhat 🙊

Oh iya, dikampung aku itu ada juga tradisi yang namanya "Nyawer & Mulung Duit".
Kalo di Bekasi atau Jakarta kan mulung itu sama aja pemulung dalam artian ngumpulin botol aqua, ngumpulin kardus dan barang yang bisa di daur ulang lainnya. Kalo di kampung aku itu malah yang di pungutin itu duit. Mulung itu kan artinya Pungut/Ambil. Nah jadi kita mulung duit saat ada yang nyawer uang ke kita.

Dan nyawer disini duitnya itu dielemparin atau kaya disebarin gitu. Si yang nyawer itu berdiri ditempat yang lebih tinggi dan para pemulung duit itu ngumpul dibawah.
Oh ya yang pada mau mulung duit pun bebas kok dia mau nanggapin duitnya itu pake cara gimana aja. Biasanya ada yang pake kerudung atau kain gendong diiket dileher terus dilebarin gitu, ada juga yang pake caping (topi petani) dan ada juga yang pake payung diterbalikin gitu, tapi kebanyakan sih pada pake tangan kosong terus jongkok dan mungutin atau nangkepin duitnya gitu.

Dulu sih selalu yang disawer itu uang koin + beras + permen dijadiin satu didalem baskom/ tas/ bakul nasi, tapi semakin berubahnya jaman karna orang-orang dikampung aku semuanya hampir pada sukses semua jadi sekarang itu nyawernya juga ada yang uang kertas + uang koin + beras + permen + sabun cuci piring + sabun cuci baju.

Dan biasanya tradisi "Nyawer & Mulung Duit" itu terjadi saat ada acara khitanan, nikahan, selametan rumah baru, selametan beli motor atau beli mobil dan acara selametan lainnya.
Kaya yang aku bilang sebelumnya semakin berubahnya jaman, yang aku baru tau sekarang itu anak bayi atau batita yang udah bisa berjalan pun juga di sawer loh, anak bayi dikasih nama pun disawer, beli sapi disawer, dan masih banyak lagi lah hal-hal yang perlu di sawer lainnya. Dan tradisi nyawer disini yang aku tau tujuannya adalah sebagai rasa bersyukur dan berbagi rejeki juga buat buang sial.

Makanya 2 adek aku pada betah ngga mau pulang, karna habis lebaran itu banyak yang pada hajatan dan pada nyawer. Mereka jadi kecanduan "Mulung Duit", aku aja kalah pinter dari adek-adek aku. Mereka pada jago banget mulungin duitnya, sedangkan aku ? yang ada kebanyakan jatoh dan besot sama keinjek doang, duitnya mah yang kedapetan paling gede cuma sejumlah 5rb. Adek-adek aku malah bisa dapet sampe 20rban lebih.
Tapi walaupun jatoh mulu sampe besot, kedorong sana sini dan sampe kadang keinjek aku ngga pernah kapok, karna emang menurut aku itu seru.
Di Bekasi atau Jakarta kan ngga ada yang kaya begitu. Makanya aku suka bete dan sebel kalo ada orang kampung aku yang nanya atau nyinyirin aku kaya gini :
"Kok orang Jakarta ikut-ikutan mulung duit sih, padahal duitnya juga udah banyak".

Padahal itu tradisi ngga ada larangan loh buat siapa-siapa aja yang boleh ikut,

kecuali si keluarga yang nyawer. Jadi misalnya keluarga aku nyawer karna acara hajatan nikahan aku, nah adek-adek aku itu emang ngga boleh ikutan mulung duit.
Karna kan berarti sama aja kaya udah ngasih tapi diambil lagi dong dan makanya itu ngga boleh, jadi ya siapapun boleh ikut kecuali si keluarga yang nyawer.
Tapi suka ada aja yang mulutnya rese takut ngga kebagian duit. Padahal juga kan aku ngga jago mulungin duit dan aku ikutan tradisi itu cuma kalo aku pulang kampung doang.
Toh aku emang asli orang kampung sana kenapa juga harus di gituin. Salah aku apa coba ?
Dasar rese. Yahhh jadi baper kan aku. 🙈🙈

Oh iya cerita hari ini sampe sini dulu ya, lain waktu disambung lagi kelanjutannya.
Terimakasih buat yang udah baik hati, mau sempetin waktunya buat baca cerita aku.
Aku sayang kalian 😍😊😬


Ini Cerita Pengalamanku, Mana Cerita Pengalamanmu. 😁



~Sri Mulyani Warda Meikha~

Komentar

Popular Post