Bangga Jadi Anak Kampung Part II


pemandangan desa ciseureuh
orang sindang jaya pasti tau ini dimana

Hallo semuanya,
Apa kabar ? Semoga kabar kalian sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya gaes. Aamiin. 😇

Aku mau sambung cerita aku yang sebelumnya nih tentang Bangga Jadi Anak Kampung.
Maaf ya aku agak lama lanjutinnya, maklum lah wanita sok sibuk hehehe

Bingung juga sih mau lanjutinnya gimana dan mulainya darimana ? 🙈
Oh oke kita lanjut bahas masalah pernikahan aja kali ya.
Inget kan dicerita kemaren itu aku nulis gini :
"Dan sayangnya juga tahun ini teman-teman sepantaran aku bener-bener udah pada nikah semua. Malah yang umurnya dibawah aku aja udah pada nikah dan bahkan udah punya anak. Makanya malesnya kalo pulang kampung itu pasti ditanyanya soal nikah mulu.
Karna dikampung aku itu biasanya gadis umur 20 tahun belum nikah disebut perawan tua."

Jadi gini, disana itu kalo ada anak perempuannya yang belum nikah atau belum punya pacar padahal udah memasuki umur sudah bisa menikah.
Pasti orangtua mereka akan menggunakan sistem perjodohan.
Jadi kalo kamu single dan pengen segera menikah tapi belum ada jodohnya.
Coba deh main-main ke kampung aku, kali aja ketemu jodohnya disana. hihihi 😬

Biar apa orangtua pake sistem perjodohan ?
Ya biar anaknya dapet pasangan, terus segera menikah dan ngga disebut perawan tua. Masih kolot banget ya pola pikir orangtua disana.
Makanya kemaren aja pas pulang kampung kalo setiap ketemu orangtua (bapak-bapak/ibu-ibu bahkan kakek-kakek/nenek-nenek) baik itu sodara atau temennya mama atau tetangga, pasti mereka bilang gini :
 "Hi'ih harusnya kalo disini mah kamu udah nikah, kamu udah punya anak"
atau ngomong langsung ke mama aku kaya gini :
"Ih kamu mah kalo disini, pasti udah punya cucu ya".

Heran sih ngga, ya cuma aku ngerasa aneh aja sama pola pikir orang kampung sana. Bukannya ngga suka apalagi sampe ngerendahin pemikiran mereka.
Ya emang sih aku lahir disana tapi kan aku besar di kota.
Yang mayoritasnya menikah itu ngga dipatokin jangan sampe lewat dari umur berapa,
biar ngga dibilang ngga laku atau perawan tua. Karna jujur aku itu risih banget sama omongan mereka yang membanding-bandingkan kehidupan aku di kota dengan kalo aku tinggal di kampung seperti mereka.

Pola pikir setiap manusia itu kan berbeda-beda ya.
Sebenernya buat nikah muda itu ngga harus menjadi orang kampung atau tinggal di kampung dulu. Di kota juga banyak kok yang nikah muda. Cuma bedanya bukan karna takut dibilang ngga laku apalagi perawan tua. Yang jelas kalo di kota alasannya berbagai macam.
Aku kan juga punya prinsip hidup sendiri, jadi kalian ngga boleh memprovokasi aku buat mengikuti pola pikir kalian. Begitu loh. Kan hidup itu harus pake logika.

Curhat dikit ya, aku sekolah sampe lulus SMK dan selama sekolah itu aku punya tujuan hidup yang mungkin bisa dibilang sebagai cita-cita. Dan itu adalah : aku mau menjadi orang sukses dan berhasil bahagiain keluarga terutama orangtua. Mau sukses bikin mereka bahagia sama usaha dan pengorbanan aku. Cita-cita aku dari dulu sampe sekarang itu pengen jadi pengusaha. Tapi untuk menjadi pengusaha itu aku perlu modal materi dan juga wawasan dong. Makanya sekolah dan pengalaman kerja itu penting buat aku.

Ya emang sih bukan berarti kalo aku buru-buru / nikah cepet, terus aku ngga bisa bahagiain mereka. Tapi kan sensasinya itu loh yang beda.
Toh bisa aja kalo aku udah nikah, hidup aku malah lebih sibuk dan ngga ada waktu buat orangtua. Bisa aja aku jadi lebih banyak pengeluaran keperluan untuk diri aku sendiri dan keluarga kecil aku sampe akhirnya aku ngga ada biaya buat bantu atau traktir orangtua dan adik-adik aku.

Aku bukan tipe orang yang mau menyusahkan orang lain, selama aku bisa.
Apalagi kalo harus nyusahin suami aku sendiri buat urusan pribadi keluargaku.
Iya kalo suami aku banyak duit. Kalo ngga ada duit gimana ?
Apalagi kalo buat keperluan pribadi keluarganya sendiri aja susah, gimana mau tega minta buat keperluan orangtua atau adik-adik aku.

Intinya sih, aku masih pengen ngerasain cari uang sendiri dari hasil jerih payah aku.
Masih pengen bahagiain orangtua dan keluarga pake uang hasil tabungan aku.
Beliin mereka ini itu, ajak mereka kesana-kesini semua pake uang aku.
Karna aku berprinsip : mereka adalah keluargaku jadi bahagia mereka adalah kewajibanku.

Buat aku urusan nikah itu semuanya perlu dipikirin secara matang. Ngga bisa asal nikah cuma buat ngerubah status doang. Aku juga ngga mau nyia-nyiain gitu aja ilmu yang udah aku dapet selama aku sekolah. Sayang dong punya ijasah tapi ngga digunain. Apalagi pengorbanan buat dapetin 1 lembar ijasah aja perlu keluar biaya yang ngga sedikit.
Ya kalo aku pribadi sih, mana tega nyia-nyiain ijasah yang udah aku dapetin susah payah apalagi dibantu pengorbanan orangtua aku yang udah kerja susah payah buat biayaiin sekolah aku.

Kecuali, kalo emang ada anak konglomerat yang mau nikahin aku dan nanggung segala biaya hidup aku beserta keluargaku sih oke-oke aja aku ngga perlu ngerasain kerja dengan tuh ijasah. Aku ngga perlu capek-capek kerja buat ngumpulin uang demi keluarga.
Tapi kan sayangnya itu hal yang mustahil. Pasti disuruh bangun biar mimpinya ngga makin ketinggian, kan suuueeee. 😂😂😂

Lagian urusan nikah mah biar aku serahin aja lah sama Allah.
Biar semuanya berjalan atas ijin dan ketentuan Allah.
Aku tinggal tunggu aja, kan katanya semua akan indah dan menikah pada waktunya. 😄
Jadi ngapain buru-buru nikah cuma biar ngga dicibir orang mah.
Kalo dengerin dan nurutin omongan orang lain mah ngga akan ada habisnya.
Percaya deh mending ikutin kata hati dan takdir tuhan. Hohoho
Toh yang nikah kita, yang hidup kita, kenapa mereka yang harus repot ngatur ? 😓

Kalo jaman dulu itu, gadis di kampung aku banyak yang baru lulus SD juga udah pada nikah, atau lulus pesantren 3 tahun terus nikah, ya pokoknya umur belum 17 tahun mah dulu juga banyak yang udah pada nikah. Tapi karna sekarang peraturannya udah berubah, jadi harus berumur 19 tahun dulu baru boleh nikah.

Cuma anehnya dikampung aku tuh gini, udah jelas-jelas belum umur 19 tahun.
Tapi dia malah nikah siri dulu. Nanti kalo udah umur 19 tahun baru nikah lagi secara sah.
Heran gak sih kalian ? Jujur aku itu bingung banget, sempet mikir tujuannya itu apa sih ? takut banget calonnya diambil orang ? atau apa sih ?

Orang sampe ada loh, yang masih sekolah tapi udah nikah siri terus nanti pas lulus sekolah baru nikah lagi secara sah. Itu padahal ngga karna hamil duluan loh. Ya kaya yang aku bilang diatas tadi. Semuanya karna perjodohan, yang takut kalo nanti calonnya keburu diambil orang dan dia ngga kebagian pasangan kayanya sih.

Dan aku kurang setuju deh sama orang-orang yang punya pemikiran gini :
"Buat apa sekolah sampe lulus kalo habis lulus langsung nikah ?".
Sebenernya ngga ada yang salah sih ya, kalo emang lulus sekolah terus langsung nikah dan ngga ngerasain kerja dulu. Lagipula kalo habis lulus ngga langsung dapet kerjaan dan malah nganggur lama, kan mendingan nikah. (khusus perempuan loh ya, kalo laki-laki kan emang dikodratin jadi tulang punggung keluarga)

Kalo buat aku sendiri sih ya, sekolah itu penting, malah penting banget.
Kita sebagai seorang perempuan juga perlu ilmu dan wawasan luas loh.
Kebanyakan kan orang kampung itu banyak ngga ngertinya ya.
Masa iya di jaman yang udah makin canggih dan modern gini kita masih ketinggalan jaman.
Kapan maju nya dong kalo gitu. Apa kata dunia nantinya.

Karna ada penelitian yang membuktikan bahwa kecerdasan anak itu diwariskan dari gen ibunyaMakanya sekolah itu penting dan bukan berarti jadi seorang ibu rumah tangga itu ngga perlu sekolah.
Jangan mau dibodoh-bodohin sama kalimat "Ngapain sih anak perempuan sekolah tinggi-tinggi toh nanti ujung-ujungnya juga cuma di dapur dan ngurus anak ?!".
Kalo untuk aku pribadi, pasti aku jawab gini : "Soalnya aku mau sukses dan mau menjadi seorang ibu sekaligus istri yang cerdas buat keluarga aku nantinya"

Btw, bukan berarti aku ngejudge kalo semua orang kampung itu bodoh atau pasti bodoh loh ya. Sama sekali ngga kaya gitu.
Gini loh ya contohnya : kalo nanti kalian punya anak, terus anak kalian sekolah dan ada PR dari sekolah, terus si anak nanya ke ibu atau ayahnya. Tapi karna orangtuanya dulu ngga sekolah jadi ngga tau dan ngga ngerti deh gimana cara ngajarin anaknya nyelesaiin itu PR.
Siapa yang kasian dan malu ? Udah pasti si anak dan si orangtua lah.

Oh iya, kalo nikahan di kampung aku itu unik loh.
Ya ngga tau juga sih ya, di kampung lain juga kaya gitu atau ngga.
Yang bikin uniknya itu adalah seserahan si calon pengantin laki-laki untuk si calon pengantin perempuan.

sumber : selebtube.com

Kenapa aku bisa bilang unik ?
Karna seserahan yang aku tau itu barang-barang keperluaan untuk si calon pengantin perempuan yang sudah dibungkus rapih / dihias cantik. Dan itu kan biasanya benda yang bisa dibawa oleh 1 orang 1 benda, untuk diserahin ke pihak si calon pengantin perempuan seperti contoh gambar di atas. Tapi kalo di kampung aku itu beda.

Bedanya apa ?
Bedanya di kampung aku itu seserahannya selain kaya contoh gambar di atas, adalah juga segala macam isi perabotan rumah.
Yaitu : Lemari baju, Lemari hias (lemari kaca), Rak piring, Kulkas, Bufet, Meja rias, Sofa 1 set, Kompor, Tabung gas, Dandang / Panci, Kasur, Gelas / Piring, Kipas angin, Blender, Setrikaan, dan masih banyak lainnya yang aku juga lupa apa aja nama-nama barangnya.
Makanya itu ngga bisa dibawa oleh 1 orang 1 benda, dan itu ngangkutnya pake mobil bak.


Wagelaseh !!! Sumpah ngga bohong, aku liat sendiri seserahan mereka.

Malah waktu nikahan tetangga aku yang depan rumah nenek aku itu, aku juga ikut bantuin bawa seserahan buat di anter ke rumah si calon pengantin perempuan.
Udah gitu nih ya perhiasannya juga ngga tanggung-tanggung. Duh aku aja kemaren selama di kampung setiap ngeliat pengantin perempuan sampe pengen juga loh.


Pengen apa nih ? Kenapa pengen juga ?

Ya pengen jadi pengantin orang sana juga dongs, orang berasa jadi istrinya sultan gitu.
Pake perhiasannya kalung panjang dan pendek, terus gelangnya kanan kiri dari pergelangan tangan sampe sikut, anting, cincin pun kanan kiri masing-masing 3.
Dan semuanya bukan per 1 gram atau 2 gram loh ya.

Perempuan mana yang liat emas sebanyak itu dia ngga kepengen punya dan pake juga ?
Aku sih pengen banget.
Makanya sampe dibilang, kalo semua perhiasaannya dijual juga bisa kebeli rumah 1.
Dan kalo emang udah nyiapin rumah, ngga perlu lagi beli perabotan karna emang pas seserahannya aja udah lengkap segala isi rumah dikasih. Surga dunia banget dah itu mah.
Di kampung aku itu kalo ada perempuan pake emas banyak gitu pasti tandanya dia pengantin baru.

Sampe mama bilang gini ke aku : "Kalo kamu dapet jodoh orang kampung sini gpp kak, mama ikhlas. Tapi kalo adek-adek kamu yang dapet orang sini mama mah ngga sanggup".

Kenapa mama bisa bilang ngga sanggup ?
Ya liat aja seserahannya aja kaya begitu. Kita sendiri aja belum tentu punya dan pake.
Karna ternyata ada beberapa orangtua, yang kalo anak laki-lakinya nikah itu mereka pasti jual sawah untuk biaya pernikahan anaknya. Lah kita boro-boro punya sawah, rumah aja masih ngontrak. Apalagi kalo sampe pake dangdutan/jaipongan. 😂🙈
Belum lagi harus nyiapin uang buat saweran, kaya yang aku bilang dicerita sebelumnya.
Kalo sampe pake dangdutan/jaipongan sawerannya bisa berkali-kali loh, belum lagi emang harus nyawer juga sama para biduannya. Duh aku aja bayanginnya pusing kalo harus ngeluarin uang sebanyak itu. 😂🙈

FYI, aku lagi kangen banget loh sama kampung aku.
Kangen mandi di kali yang ada air pancurannya, kangen lewatin sawah dan liat pemandangan sawahnya yang seger-seger, kangen mulung duit, kangen makan rujak lontong pake gorengan, kangen main bareng sama para bocil, kangen semuanya lah pokoknya mah.

Doa'in ya biar tahun depan bisa mudik lagi dan bisa berbagi kisah lainnya lagi sama kalian.
Soalnya aku mudik ngga setiap tahun. Kasian temen-temen dan sodara aku yang ada di Bekasi dan sekitarnya jadi ngga bisa lebaran kerumah dan makan opor sama rendang bareng-bareng.

Eh iya, di kampung aku itu kalo lebaran ngga ada opor atau rendang loh.
Cuma ayam dikuah kuningin kaya soto gitu. Karna emang ngga kenal opor atau rendang gitu disana mah. Makanya lebaran kemaren aku sedih karna ngga makan opor sama rendang buatan mama atau buatan siapapun.

Yaudah cerita kali ini aku akhirin sampe sini aja ya gengs, segitu aja yang bisa aku kasih tau kalian tentang kampung aku. Masih banyak sih cerita lainnya, tapi aku bingung ceritainnya.
Terimakasih untuk kesetiaan kalian yang mau meluangkan waktunya buat baca blog aku.

Salam manis dariku teruntuk kalian selalu. 😍☺


~ Sri Mulyani Warda Meikha~

Komentar

Popular Post