Tentang Aku Dengan Ayah

Pagi gengs,
Semoga kabar pembaca setia coretan ide selalu sehat sentosa ya gengs.
Aamiin Allahumma Aamiin. 


Sedikit curhat ya, alasan kenapa gue baru sempet nulis lagi adalah :
Jujur sebenernya udah dari beberapa bulan lalu tuh banyak banget ide-ide yang mau ditulis gitu, tapi karna rasa malesnya lebih kuat daripada keinginan buat nulis jadilah gak kebikin-bikin, giliran udah niat mau nulis, ide-ide yang muncul dikepala gue malah ilang gitu aja. Sampe gue ngerasa 2 bulan full ini buang-buang waktu banget, karna emang gak banyak kegiatan yang bisa dilakuin dan malah banyak waktu luang yang harusnya bisa digunain buat nulis tapi malah berlalu sia-sia begitu saja. Jadi niat pengen nulis itu selalu ketikung sama main game / youtube / instagram. Paling ujung-ujungnya kalo bosen malah tidur, sekalinya gak tidur ya pergi, jadi ketunda terus deh nulisnya.
Ya begitulah sedikit alasan gue kenapa lama banget gak update cerita baru.

Okeh, kali ini gue mau bahas tentang "Ayah" ya gengs.


Siapa sih anak manusia di dunia ini yang gak punya Ayah ?
Pasti semua anak punya dong ya, mau apapun itu alasannya intinya seorang ibu gak akan bisa hamil tanpa seorang ayah. 

Siapa itu Ayah ?
Ayah adalah suami ibu.
Ayah adalah sebutan untuk orangtua laki-laki.
Ayah adalah kepala keluarga yang tugasnya mencari nafkah, menjadi imam yang baik, mendidik serta menjadi contoh yang baik untuk keluarganya, menjaga keluarganya dan masih banyak tugas penting lainnya bagi seorang ayah.

FYI, gue biasa panggil orangtua laki-laki gue dengan sebutan bapak.
Ya banyak lah ya panggilan buat orangtua laki-laki selain dengan panggilan ayah.
Ada yang biasa panggil bapak, baba, abah, abi, papah, papih, daddy dan masih banyak panggilan lainnya untuk orangtua laki-laki. Tapi disini gue tetap akan pake sebutan "Ayah" ya gengs sesuai dengan judul.

Sebelumnya gue mau kasih tau ke kalian, kalo gue ini anak pertama dari 3 bersaudara.
Dan gue anak perempuan satu-satunya.
Jujur, ibu gue pernah cerita kalau ayah gue dulu emang mengharapkan banget anak pertamanya itu perempuan. Makanya setelah gue lahir beliau seneng dan bahagia banget karna keinginannya terwujud. Diantara 3 anak beliau, ibu gue bilang kalo gue ini anak yang paling beruntung diantara 2 adik gue lainnya.

Karna apa ? Ya jelas karna gue anak pertama dan anak yang sangat di dambakan.
Jadi gue itu selalu dibawa kemana aja sama ayah. Sampe ibu gue aja sering sendiri dirumah karna ayah kalo ngasuh tuh pasti gue diajak pergi terus.
Kata ibu, cuma gue yang paling puas masa kecilnya punya banyak waktu bareng ayah daripada adik-adik gue.
Gue yang lebih punya banyak kenangan bareng ayah dan foto masa kecil gue pun lebih banyak bareng ayah karna dulu ayah sering banget ajak gue ke studio foto gitu, cuma sayangnya foto-foto itu ada dikampung dan banyak yang ilang. Waktu kecil ayah itu selalu menomor 1 kan gue daripada ibu gue. Intinya mah gue anak ayah banget lah.
Tapi sekarang kebalik, ayah selalu menomor 1 kan ibu daripada gue. Kalo dulu ayah marahin ibu buat gue, kalo sekarang ayah marahin gue buat ibu. Ya marahnya ayah pasti ada sebabnya kok, biasanya sih karna gue gak nurut apa kata ibu.
Tapi sekarang pun gue yang malah sering marahin ayah buat ibu. Gue sering ikut campur kalo ayah sama ibu lagi debat dari masalah sepele ataupun yang serius. Gue tau itu gak sopan, tapi kan gue sekarang anak ibu banget. Mana tega gue liat ibu gue dimarahin ayah sekalipun itu bercanda, jadi kalo ibu yang salah gue yang jadi penengah biar mereka sama-sama adem dan saling mengerti, tapi kalo ayah yang salah yaudah gue kompor-komporin aja sekalian biar ibu makin marahin ayah hehehe
Jahat ya gue ? tenang aja itu semua gak seperti yang kalian bayangkan kok. hihihi

Dulu waktu gue kecil, setiap ayah pulang kerja gue selalu dikasih uang recehan banyak banget buat dicelengin, maklum kan ayah dulu kerjanya supir angkot. Dari kecil gue itu udah dibiasain nabung, makanya kalo ayah kasih recehan banyak itu gue seneng banget, ya walaupun kalo celengannya udah penuh pasti uangnya buat ibu tapi gue tetep suka menabung. Dan sampe sekarang menabung adalah hobby gue 😁

Keahlian ayah cuma mengemudi. Makanya kerjaannya dari dulu cuma jadi supir, dari yang jadi supir pribadi, supir mikrolet, supir truk aqua dan sekarang dia menetap jadi supir taksi disalah satu perusahaan ternama.

Gue punya adik saat usia gue kurang lebih 5 tahun waktu gue masih sekolah TK dan mau masuk SD. Semenjak gue punya adik, gue ngerasa udah bukan anak ayah banget lagi.
Karna yang jadi lebih disayang itu ya adik gue. Sampe gue ngerasa kalo ayah udah gak sayang lagi sama gue.
Setelah adik gue mulai ngerti jajan, uang yang biasa dikasih ayah buat gue itu jadi terbagi buat adik gue juga dan malah lebih banyakan dia bagiannya daripada gue, dan lagi sejak SMK gue udah gak pernah dikasih uang dari ayah kalo gue gak minta.
Jadi ya emang udah saatnya jatah uang jajan yang biasa gue dapetin itu udah buat adik-adik gue. Segitulah sedikit cerita tentang masa kecil gue bersama ayah.

Tapi walaupun dulu masa kecil gue itu bisa dibilang deket banget sama ayah, gatau kenapa setelah beranjak dewasa gue malah jadi gak akrab sama ayah. Menurut gue ayah itu orangnya cuek, kadang terlihat masa bodo tapi padahal peduli, galak tapi baik, emosian, egois, ngeselin dan menyebalkan, gak pernah mau kalah sama siapapun karna dia selalu merasa benar, keras kepala, khawatiran, jail, ngambekan, kadang kaya anak kecil, sok asik, sok tau, rese suka gak jelas gitu dan receh. Tapi walaupun sifat ayah banyak buruknya dibanding baiknya, ayah itu penyayang, apalagi sama anak-anak kecil.
Makanya dulu waktu adik-adik gue lahir ayah lebih sayang sama mereka dan gue merasa tersingkirkan.

Kadang walaupun gue bisa dibilang gak suka sama ayah atau masa bodo sama ayah, tapi kalo ayah lagi gendong anak oranglain atau bercanda gitu gue suka cemburu loh. Apalagi kalo ayah lebih belain anak orang dibanding gue, langsung dah sakit hati banget rasanya padahal mah sepele. Gue ini kan juga suka sama anak kecil, tapi gue juga suka iseng dan hobby banget ngeledekin anak kecil sampe nangis, atau kadang kalo gue lagi rebutan barang yang gue sayang sama anak kecil terus yang dibelain malah tuh anak kecil, nah ayah suka marahin gue gara-gara itu. Makanya kadang gue suka cemburu atau sakit hati gitu karna diomelin apalagi gue diomelin karna gak mau kasih barang kesayangan gue kan kesel ya. Huhuhuhu 😟

Ayah gue itu asli orang medan, jadi beliau kalo ngomong itu selalu kaya orang marah-marah karna nada bicaranya yang tinggi dan emang gak susah pelan. Sekalinya bisik-bisik malah gak ada suaranya sama sekali hahaha. Itu yang bikin gue juga jadi takut sama ayah dan sering baper kalo ngomong sama ayah.
Gue itu lebih takut banget sama ayah yang padahal ayah itu kalo marah gak kaya ibu.
Kalo ibu gue itu dulu mau loh nyubit atau mukul gue kalo udah kesel banget, kadang juga mulutnya tuh lebih galak dari ayah kalo udah ngomel, tapi anehnya gue tetap lebih takut sama ayah.
Padahal ayah gue cuma ngomong 1 kalimat doang tapi gue udah takut duluan dan akhirnya nurut. Coba kalo ibu yang ngomong, bisa sampe lebih dari 3X kayanya baru dilaksanain.
Tapi kayanya emang kebanyakan anak takutnya sama ayahnya ya walaupun yang galak ibunya. Hahaha banyak buktinya soalnya. Aneh tapi nyata kan ya. 😂😂

Gue itu paling gak bisa ngobrol sama ayah karna dia kalo ngomong kan selalu pake nada tinggi itu kaya orang ngebentak dan marah-marah padahal emang cara dia ngomong itu kaya gitu, tapi gue tetap ngerasa sakit hati terus nangis habis itu kaya purik gitu gak berani lagi nyambung obrolan padahal belum selesai ngomong cuma gara-gara ayah gak bisa ngomong pake nada rendah kalem gitu jadinya gue takut.
Soalnya gue ini anaknya paling gak bisa dibentak dikit langsung nangis sakit hati gitu dan ayah gue gak suka kalo anaknya cengeng, apalagi kalo ditanya tapi jawabnya sambil nangis.
Ya gimana gak nangis kan orang dia aja ngomong kaya orang ngajak berantem.
Makanya gue takut dan paling males kalo nanya atau ngobrol sama ayah.

Makanya juga dulu gua sebel banget dan bisa dibilang benci yang intinya gak suka banget lah sama ayah. Karna bagi gue ayah itu galak dan jahat. Ayah gak sayang sama gue. Sampe gue pernah kepikiran buat pengen punya ayah baru yang baik wkwkwk LoL. 😂😬
Pernah juga dulu waktu masih SMP itu mikirnya mending gak punya ayah aja enak bebas, tapi padahal tanpa ayah gue gak akan kaya sekarang, ayah keras dan galak semua untuk kebaikan gue, tanpa ayah gue gak akan ada didunia ini, tanpa ayah gue bukan siapa-siapa, tanpa ayah gue gak akan ngerasain apa yang udah gue rasain semuanya, tanpa ayah pasti hidup gue pun hampa dan mungkin gue jadi anak nakal yang kaya gak tau aturan gitu. Sekalipun ibu selalu ngajarin gue kebaikan tapi kadang gue sering gak dengerin dan ayah lah yang bikin gue denger sekaligus ngelakuin hal baik yang ibu ajarin.

Dan makin beranjak dewasa gue pun mulai lebih sadar arti seorang ayah.
Mau segalak apapun dia, seburuk apapun dia, kalo ayah pergi untuk selama-lamanya gue akan ngerasa bersalah, akan ngerasa hampa dan kehilangan, gue pasti bakal sedih dan nangis.
Gue bisa bilang gini karna waktu ayah temen gue meninggal disitu gue nangis, bener-bener ngerasa bersalah dan ngerasa jahat sama ayah. Dan disitu gue sadar selama ini gue juga gak bukan orang yang paling bener dibanding ayah. Walaupun gue sering ngerasa ayah itu jahat dan buruk tapi mau gimana pun dosa gue lebih banyak karna gue adalah seorang anak.
Dan gue berdosa banget udah sering nyakitin hati ayah, sering ngelawan ayah, sering ngebentak ayah, pernah bohongin ayah, ya banyak lah dosa gue sebagai anak.

Disitu gue tersadar, kalo gue dulu beneran ditinggal ayah untuk selama-lamanya apa iya gue bakal bahagia ? Apa gue gak bakal sedih disebut anak yatim ?
Apa gue bisa seneng dikasihanin orang lain yang punya ayah ?
Apa iya gue bakal bisa kaya sekarang ?
Apa iya gue bakal dapetin kebebasan kaya yang gue mau ?
Apa gue dan ibu bisa ngadepin sifat adik-adik gue yang mereka lebih takut sama ayah ?
Gue sadar, gue dulu bodoh karna pernah beranggapan hidup tanpa ayah itu enak dan bebas.
Nyatanya kalo gue gak takut sama ayah, mungkin gue bisa jadi anak yang kurang beruntung kaya anak lainnya diluaran sana.

Sumpah demi apapun gue berani ngobrol / debat atau yang intinya berkomunikasi sama ayah itu semenjak gue masuk SMK tapi itu pun masih sering sakit hati dan nangis karna ayah gue kalo ngomong itu suka asal nyeplos aja gak peduli orang sakit hati atau gak sama omongannya. Tapi setelah gue lulus SMK dan gue udah kerja, gue mulai berani ngobrol sama ayah gak pake nangis walaupun masih sering kesel dan baper.

Setelah gue udah kerja itu gue makin sering debat sama ayah, makin sering ngobrol, makin sering adu argumen, makin sering berkomunikasi lah intinya. Gue lupa sejak kapan gue mulai berani ngelawan atau ngebantah ayah. Yang intinya semakin gue dewasa semakin sering juga gue berdebat yang ujung-ujungnya jadi berantem sama ayah.
Maklum ya buah kan jatuh gak jauh dari pohonnya. Karna ayah gue keras kepala jadi wajar aja kalo gue pun sama kerasnya kaya dia. Ayah gue itu tipe orang yang selalu mau dianggap benar, dan hal itu yang bikin gue sama ayah jadi sering debat dan pernah sampe berantem hebat.

Gue tau seburuk apapun sifat ayah gue, dia tetaplah ayah gue. Kita punya hubungan darah yang gak akan bisa terputus. Gak ada yang namanya bekas anak ataupun bekas ayah. Karna emang hubungan antara anak dengan orangtua itu gak ada bekasnya.

Kenapa gue bisa bilang kaya gitu ?
Soalnya ayah pernah bilang gini "mulai sekarang jangan panggil saya bapak lagi !"
Dan udah beberapa kali sih dia suka bilang gitu, gue tau dia bisa bilang gitu karna udah emosi banget sama sikap gue.

Tapi akhirnya apa ? Dia juga yang nyebut dirinya bapak lagi dan baik-baikin gue lagi.
Gue juga bingung kenapa dia bisa sekekanak-kanakan banget kaya gitu.
Awalnya ya gue kaget dong dan sedih juga malahan. Tapi makin lama gue jadi ngerasa yaudah bagus, bodo amat karna gue kan dulu kaya benci banget gitu sama ayah.
Jadi kebetulan deh.
Kayanya sih ayah bisa bilang gitu karna ayah gak berani pake cara kekerasan sama gue sampe yang main tangan mukul gitu, makanya dia sangking gregetan sama gue jadi ngasal deh ngomongnya.
Awalnya sih gue selalu masukin hati omongan dia yang begitu, tapi makin lama ya gak gue masukin hati orang gue paham kok dia bisa bilang gitu karna dia lagi emosi sesaat aja.
Ya gitulah sifat jeleknya dia kalo udah marah banget dan udah capek berdebat sama gue.
Makanya kalo dia marah dan bilang suruh jangan panggil atau anggap dia bapak gue ya gue seneng-seneng aja karna emang gue ngerasa gak butuh dia. Apalagi kan gue udah bisa cari duit dan makan sendiri.
Jadi ya gue bodo amat terserah lu aja dah gitu. Tapi sekarang-sekarang udah gak lagi kok.
Gue dan ayah udah mulai bisa mengimbangi sifat masing-masing. Dan salah satu pasti ada yang ngalah.

Gue pernah loh bener-bener kaya musuh bebuyutan gitu.
Apa yang ayah gue lakuin atau omong dimata gue dia itu selalu salah dan akan selamanya salah.
Karna saat itu gue pernah benci banget sama ayah waktu dia sakit. Dia menderita TBC Paru.

Kenapa gue bisa benci banget sama ayah saat dia sakit ?

1. Omongan gue sama ibu terbukti tentang selalu ngelarang ayah merokok.
Ayah sakit TBC dan harus menjalani masa pengobatan selama 6-9 bulan.
Kan sama aja dia sakit karna cari penyakit itu sendiri.
Dulu ayah itu kalo ngerokok gak cukup sebungkus 1 hari.
Padahal dari dulu ibu dan gue selalu larang ayah merokok dan jelasin bahayanya gimana.
Udah dikasih tau berkali-kali tapi gak pernah mau dengerin dan akhirnya dia rasain sendiri akibatnya.
Padahal lebih baik uangnya buat jajan anaknya atau ibu belanja daripada buat rokok yang gak ada manfaatnya sama sekali dan malah bikin penyakit yang nyusahin diri sendiri, keluarga dan juga oranglain disekitarnya.
Karna penyakit ini bisa menular, jadi semua peralatan makan/minum itu harus dipisahin dan tempat tidur pun harus dipisahin juga gak boleh tidur bareng siapapun, terus yang sehat yang malah harus pake masker karna ayah tuh keras kepala banget kaya gak bisa memposisikan dirinya yang lagi sakit dan harus mewaspadai dirinya supaya orang lain itu gak tertular penyakit dia. Jadi dia itu susah banget disuruh pake masker, dilarang batuk atau buang dahak sembarangan dan beberapa hal lainnya lah.
Dan selama sakit itu dia banyak banget permintaannya. Kalo gak diturutin langsung ngambek kaya anak kecil. Padahal dia aja gak ada kasih uang. Tapi kalo minta apa-apa maunya harus diturutin.
Siapa yang gak kesel ? Makanya dibilang nyusahin !
Kalo dia sakit maunya diurusin tapi coba kalo keadaannya dibalik.
Boro-boro amat ngurusin, nanya "mau dibeliin apa?" aja kaga.
Yang ngeselinnya lagi, udah gak punya duit, gak ngasih duit juga tapi semena-mena banget gitu. Gimana gua gak kesel mulu dan gak ngelawan dia terus saat itu.
Sampe dia pernah bilang "Mentang-mentang saya gak kerja ! Gak dihargain banget saya !"
Padahala dia yang gak bisa ngehargain orang lain duluan, giliran gak dihargain balik malah sewot. Kan lucu. Itulah sifat jeleknya ayah yang mau menang sendiri dan maunya dibilang bener terus. Makanya gue benci.

2. Ayah jadi gak bisa kerja karna emang harus istirahat total. Dan otomatis dia gak ada penghasilan untuk menafkahi keluarga. Untung aja gue kerja, jadi dari mulai ayah sakit sampe dia udah sembuh dan bisa kerja lagi pun gue yang jadi tulangpunggung keluarga. Gaji gue semua buat keluarga, sampe gue mau ganti handphone baru pun gak kesampean karna gue harus mikir berkali-kali untuk hal itu.
Mulai dari bayar kontrakan, listrik, biaya dan keperluan sekolah adik gue, belanjaan bulanan kebutuhan pokok, bayar cicilan motor dan biaya-biaya lainnya itu jadi gue yang nanggung semua. Ya syukur alhamdulillah gaji gue cukup buat memenuhi semua itu.
Bencinya dimana ? Disaat temen-temen gue yang lain bisa traveling keluar kota dan beli ini itu sesuka hati, tapi gue malah gak bisa karna banyak tanggungan yang harus gue biayain. Harusnya kalo ayah gak sakit dan ayah masih kerja tanggungan gue gak akan sebanyak itu. Tapi karna kejadian itu lah gue sadar, selama ini do'a gue udah diijabah sama Allah. Gue selalu berdo'a supaya gue bisa menjadi anak yang berguna bagi diri sendiri dan oranglain, jadi anak yang membanggakan dan membahagiakan keluarga. Dan itu udah terbukti, jadi gue gak boleh marah apalagi benci sama ayah. Lagian uang gue habis buat keluarga sendiri kok. Bukan gue hambur-hamburin buat hal yang gak penting. Kalo orangtua gue mau itung-itungan mah bisa miskin mendadak gue. Jadi dari situ juga rejeki gue makin lancar dan bertambah tanpa gue sadari. Bisa jadi kalo uang gue malah dipake cuma buat kesenangan gue sendiri jadinya gak berkah dan malah mendatangkan hal yang gak baik nantinya buat gue pribadi.
So, gue cuma perlu bersyukur dan gak usah banyak ngeluh. Percaya aja kalo semua bakal ada waktunya dan gantinya yang lebih banyak lagi dari semua itu. Aamiin.

3. Ayah waktu sakit itu sering banget marah-marah bahkan kadang bentak-bentak ibu, ya mungkin dia jadi lebih sensitif karna penyakitnya ya. Apalagi ayah gak berani marahin atau bentak gue saat itu. Mungkin karna ayah sadar gue yang cari uang dan membiayai semuanya. Jadi saat ayah ngerasa gak gue hargain, ibulah yang jadi sasaran emosinya dia. Tapi hal ini yang paling gue benci dari ayah. Karna dia yang ngajarin gue buat gak boleh bentak atau marah sama ibu tapi dia sendiri malah begitu ke ibu, gimana gue gak benci ?
Apalagi yang gue liat saat itu adalah ayah sering gak bisa menghargai ibu yang udah capek urus rumah dan juga ngurusin dia tapi buat ngomong baik-baik ke ibu aja gak bisa. Gak ada terimakasihnya sama ibu udah diurusin dengan baik. Cuma karna masalah sepele aja jadi diperbesar dan saat gue denger ibu dimarahin apalagi dibentak ya gue kesel dong. Gue gak suka dan gak ikhlas sama sekali kalo ada orang yang bikin ibu gue sedih siapapun itu. Bahkan saat gue sendiri yang gak sengaja bikin ibu sedih pun gue ngerasa kecewa sama diri gue dan cari seribu cara buat bikin ibu gak sedih lagi. Apalagi kalo ada orang lain bahkan ayah atau adik gue yang bikin ibu sedih itu harus berurusan sama gue. Ibu itu harta gue paling berharga yang harus gue jaga, orang yang paling gue sayang dan gue cinta. Jadi gue berhak buat menjaga dan melindungi dia dari orang-orang yang tega menyakiti hatinya. Ayah sama adik gue aja gue lawan, gue berantemin demi ibu apalagi oranglain. Gue bukan jagoan, tapi gue rela ngelakuin apapun kalo itu tentang ibu. Gue mati-matian berkorban buat bahagiain ibu dan kalian seenaknya nyakitin perasaan ibu gue. Ginjal pun berani gue jual demi ibu. Nyawa gue taruhannya asal itu tentang ibu. Karna ibu orang yang paling spesial di hidup gue.

4. Waktu ayah ngerengek dan kekeh minta pulang ke medan.
Jadi gue lupa itu bulan apa ya, yang intinya dia masih dalam kondisi sakit. Terus dia ngerengek minta dicariin ongkos buat pulang kampung. Ya gue sama ibu agak kesel kan. Kita yang disini khawatir sama kondisi ayah, kalo ada apa-apa dijalan nanti gimana ? Disamping itu juga kan emang lagi kesulitan uang karna dia gak kerja dan gaji gue selalu habis apalagi kalo gajian itu bos gue gak pernah kasih tepat waktu jadi uang tabungan yang gue punya itu buat keperluan selama gaji gue diulur.
Ayah itu sampe nangis cerita ke gue, katanya udara disini (Bintara) dingin dan apa gitu gue lupa.
Dia pengen pulang kampung biar diobatin juga disana sama sodaranya, dia minta ongkos sama gue yang jelas-jelas dia tau uang gue aja buat bayar segala macem biaya hidup.
Terus dia nyuruh gue jualin handphone dia buat ongkos pulang kampung.
Jadi sebelum ayah bener-bener berhenti kerja karna sakitnya yang mulai parah, dia itu dapet uang dari ibunya, gue lupa tuh berapa jumlahnya yang katanya itu warisan.
Terus dia nyuruh gue buat beliin dia handphone baru.
Nah belum ada beberapa bulan kan ayah emang lagi sakit dan gak lama berhenti kerja juga, terus minta pulang kampung. Ayah mau nekat jual itu handphone. Dia pikir karna handphone baru kalo dijualpun masih bisa dijual gak jauh dari harga pertama beli, padahal kan jatuhnya tetep jadi barang bekas.
Tapi dia ngerengek terus minta pulang kampung, asli deh kalo inget itu rasanya gedeg banget sama ayah karna gak bisa banget ngertiin kondisi keuangan keluarganya sendiri, malah mentingin pulang kampung.
Terus gue pikir kan daripada dijual keorang lain dengan harga murah, yaudahlah gue aja sini yang bayarin. Karna gue sebel juga sama ayah yang keras kepala banget, dia pikir jual handphone dengan harga tinggi bakal cepet laku ! Dan ibu juga tuh takutnya itu permintaan ayah yang terakhir kalinya karna ayah sempet cerita mimpi ketemu bapaknya dan juga bener-bener kekeh banget segitunya pengen pulang kampung.
Soalnya kondisi ayah saat itu emang bener-bener memperihatinkan, ayah gue itu gemuk dan buncit tapi selama sakit jadi kurus banget sampe celana adik gue yang pertama aja muat loh sumpah.
Ya ibu rela gak rela deh ngijinin ayah pergi dan ngijinin gue buat bayarin handphonenya dia.
Gue anggap aja gue beliin handphone baru buat ibu, soalnya gue pernah bilang juga nanti kalo ada rejeki mau beliin handphone baru buat ibu. Dan padahal uang yang gue pake buat bayarin handphone ayah itu uang simpenan gue buat kalo ada keperluan mendadak. Dan bener aja setelah ayah pulang kampung, gaji gue itu diundur 1 minggu sama bos gue. Sampe ayah minta kirimin uang buat beli obat aja gue gak ada uang dan ayah gak percaya sampe gue dibilang pelit segala, dibilangnya gue gak mau beliin obat buat ayah lah. Sakit hati gue sumpah dituduh segala macem kaya gitu.
Padahal itu emang gue beneran belum di gaji sama bos gue, sampe gue nekat lancang ngomong gak sopan ke bos gue saat itu gara-gara bos gue gak ngerespon whatsapp dan sms gue, akhirnya gue minjem uang temen gue buat kirim ke ayah. Dan yang paling gue kesel adalah ayah tuh kaya buang-buang ongkos doang. Belum ada sebulan udah balik lagi kesini. Padahal ongkos PP ke medan itu kan lumayan. Dengan segala macem alasan dia pulang kesini. Dan ada beberapa alasan ayah itu sama dengan apa yang dikhawatirin ibu gue. Gimana gue sama ibu gue gak kesel. Dibilangin dari awal nanti bla bla bla tapi ayah malah ngeyel tapi giliran beneran kejadian ujung-ujungnya minta balik kesini lagi kan ngeselin banget. Mending ketauan tuh uang buat keperluan yang lain. Udah gitu handphone yang udah gue bayarin di hak milikin lagi pula sama dia. Gimana gue makin gak benci sama sifat dan kelakuan ayah saat itu yang kaya gitu coba.

Begitulah beberapa alasan gue pernah membenci ayah.
Tapi setelah dapet ceramah dari ibu, gue mulai sadar.
Itu pertengkaran hebat terakhir gue sama ayah, tapi gue jadi adu argumen sama ibu karna ayah.
Dan ibu bilang gini ke gue "Harusnya kamu ngalah dong, kamu diem aja. Udah tau ayah kamu orangnya kaya begitu. Kamu tuh lebih berilmu kak, kamu sekolah, kamu ngerti agama, harusnya kamu malu, kamu kan lebih ngerti harusnya gak usah dilawan lah. Mau gimana pun kamu itu anak. Dia ayah kamu. Mau seburuk apapun dia tetep ayah kamu yang harus kamu hormatin." Disitu gue langsung diem dan ngerasa sakit hatiii banget.
Waktu masih emosi gue mikir kalo ibu itu jahat karna ibu gak ngertiin gue dan gak belain gue, tapi disaat gue udah tenang akhirnya gue bisa memahami apa yang ibu bilang tadi. Ya emang bener gak seharusnya gue kaya gitu. Gue sadar saat itu gue terlalu emosi dan akhirnya merasa paling berkuasa.

Gue lupa kalo ibu ngebesarin gue bukan buat jadi anak yang durhaka, bukan buat jadi anak sombong.
Mau gimanapun nantinya suatu saat gue tetep butuh ayah. Gue sadar saat masa-masa itu gue ngerasa kaya orang yang paling bener, orang yang paling berjasa, orang yang paling dibutuhkan, yang haus akan pengakuan dan pujian. Tapi gue lupa kalo semua yang gue punya saat itu hanya sementara, yang gue punya saat itu cuma ujian dari Allah. Disatu sisi gue merasa berhasil karna bisa menjadi tulangpunggung keluarga sampe bisa ngelunasin semua utang-utang ibu dari rentenir gara-gara ayah sakit, tapi disatu sisi lagi gue ngerasa gagal karna gue gak berhasil jadi anak yang berbakti sama ayah dan jadi anak yang rendah hati tanpa pamrih buat keluarga gue sendiri. Harusnya gue sadar Allah lagi nguji kesabaran dan keikhlasan hati gue. Allah lagi nguji keluarga gue lewat ayah. Tapi gue malah kalah sama emosi gue.
Gue malu sama Allah, malu sama diri gue sendiri, malu sama ibu gue juga karna gue bener-bener ngerasa bodoh dan nyesel. Harusnya kejadiannya gak akan kaya gitu kalo gue sabar dan bisa kontrol emosi gue.

Tapi apalah daya nasi sudah menjadi bubur, dan dari kejadian itu juga gue dapetin beberapa pelajaran. 
Yang akhirnya setelah gue pulang dari nenangin diri, gue mandi habis itu gue solat. Selesai solat gue peluk ayah sambil minta maaf. Jujur rasa gengsi itu ada banget, tapi kalo gue mentingin gengsi buat minta maaf itu gak akan nyelesaiin masalah. Walaupun kejadiannya saat itu emang ayah lah yang salah, ibu selalu ngajarin gue buat minta maaf duluan. Karna menurut ibu gak ada sejarahnya orangtua minta maaf duluan ke anaknya. Jujur kalo bukan karna ibu yang nyuruh gue minta maaf ke ayah, mungkin gue gak akan lakuin dan gue lebih mentingin ego gue. Tapi karna gue gak mau ibu marah sama sikap dan sifat gue jadilah gue berusaha buat buang rasa gengsi gue buat minta maaf duluan sama ayah yang padahal gue masih ada rasa kesel dan gak terima sama sikap ayah. Dan yang ngeselinnya setelah gue minta maaf dan tanya "dimaafin gak ?" ayah gue malah jawab "liat nanti" kan kampr*t ya. Tapi masa bodo, yang penting gue udah minta maaf dan ibu gak marah sama gue. Alhasil sampe sekarang hubungan gue sama ayah udah baik-baik aja dan jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya, walaupun gue masih suka kesel sama kelakuan ayah yang super duper ngeselin banget.

Sampe waktu itu gue lupa pas habis berantem kenapa gitu sama ayah. Gue denger ayah bilang ke ibu kaya gini "Waktu kecil disayang-sayang udah gede malah kurang ajar"
disitu gue rasanya kaya kesamber petir, hati gue kaya sakit banget dan terenyuh gitu.
Gue langsung mikir "Gue selama ini jahat banget ya sama ayah ?".
Gue tuh kaya ngerasa sebenernya ayah itu pengen akrab sama gue,
gue tau pasti sebenernya ayah sayang banget sama gue tapi dia gak bisa menunjukkan rasa sayangnya dia ke gue dengan cara yang benar atau kaya yang gue mau itu gimana.
Gue sadar selama ini gue punya kekesalan dan kekecewaan yang terpendam sama ayah makanya gue gak pernah bisa baik sama dia, sampe gue bisa gak sopan sama dia.

Gue tau ayah gue bukan ayah yang baik kaya ayah-ayah yang lainnya.
Tapi ya itu dia ayah gue, he's my hero.
Dia orangtua laki-laki gue yang akan selamanya jadi ayah gue, sampe saat gue menikah dan meninggal nanti binti gue adalah nama dia. Mau seburuk apapun sifat dan sikap dia ya dia tetap ayah gue. Tapi mau ayah gimanapun gue tetap sayang sama dia, dan dia pun pasti sebaliknya.

Seiring berjalannya waktu, hubungan gue dengan ayah itu mulai dan makin membaik.
Gue makin sadar kalau ayah gue itu sebenernya baik dan dia itu sayang sama semua anak-anaknya tanpa pilih kasih. Sikap ngeselin atau sifat buruknya itu tetap masih ada dan mungkin gak akan pernah ilang karna emang ayah udah terbentuk dengan sifat yang kaya gitu. Hanya aja gimana cara guenya yang harus bisa paham dalam menyikapi sifat-sifat baik buruknya ayah.
Sebenernya kalo gue lagi berantem sama ibu pun yang belain gue itu ayah.
Ayah pun sebenernya jarang banget marahin gue secara langsung.
Ayah lebih sering marahin gue lewat ibu. Jadi ayah marah banget sama gue yang pulang kemaleman tapi yang dimarahinnya itu malah ibu, giliran gue udah pulangsampe rumah dia cuma bilang "darimana aja si ka ? udah malem gini juga".
Setelah gue kasih jawaban yaudah selesai gitu doang marahnya. 😂
Ayah yang akan tegur gue lewat ibu. Kaya misalkan gue pulang kemaleman atau pergi keluar tanpa bilang, saat gue main kejauhan walaupun udah bilang, atau saat gue main sama cowo-cowo yang ibu gue gak kenal, ya banyak lah hal-hal lainnya yang menurut gue itu sepele tapi bagi ayah itu sesuatu masalah besar.
Dan dari situ gue sadar, kalo itu salah satu cara ayah menjaga dan menyayangi putri satu-satunya ini.
Gue tau ayah pasti khawatir sama gue, kalo dia gak sayang mah pasti kan gak akan khawatir.
Sampe kadang ditelponin atau dichat terus. Kadang gue beranggapan kaya "ahelah lebay banget sih ayah gue" padahal kalo keadaannya dibalik pun gue bakal lakuin hal yang sama kaya yang ayah gue lakuin.

Hal-hal yang sering ayah larang itu adalah :
- Gue pergi jauh tanpa helm, gue pergi kemana aja sendirian, gue pergi jauh karna belum punya sim dan ayah tuh takut banget kalo gue sampe ditilang polisi. Sampe kalo gue nganter ayah kerja aja yang disuruh pake helm itu malah gue dan cuma gue, plus adik bontot gue selalu harus ikut biar gue pulangnya gak sendirian. Gitu lah ribet dan lebaynya ayah. Tapi ya semua itu emang demi kebaikan gue.
- Gue pergi kemana aja tanpa bilang tujuan nya kemana dan pergi sama siapa. Kadang aja walaupun udah tau pergi sama temen cewek/cowok aja masih kaya gak diijinin gitu tapi ya gue tetep pergi hahaha
- Gue ngelakuin hal-hal yang dia belum pernah lakuin, makanya gue dilarang karna ayah belum tau resikonya bakal kaya gimana.
- Gue bentak-bentak ibu sekalipun itu bercanda, atau gue marah-marah sampe berantem sama adik gue.
- Gue pulang larut malam karna terlebih gue ini adalah seorang kakak dan anak perempuan, padahal mainnya juga cuma dirumah temen gue yang beda gang doang. Apalagi waktu itu pernah beberapa kali pulang kemaleman gara-gara main jauh dan kelamaan nunggu bus TJ. Dan gue pusing ditelponin dan dichat terus padahal batre gue low eh giliran hp gue mati ayah sama ibu malah marah-marah.
Anehnya ayah tuh marah-marahnya cuma pas gue belum sampe rumah doang loh via hp, pas gue udah sampe rumah mah paling yang ngomel ibu dan ayah malah udah tidur, sekalipun ayah belum tidur ya paling ayah cuma nanya gini doang "kemana si kak udah malem gini ?".
- Gue nginep dirumah temen tanpa alasan yang masuk akal. Contohnya bulan lalu, itu gue dibolehin sering nginep dirumah temen gue buat nemenin dia karna orangtuanya lagi dirawat diRS. Tapi kalo gue mau nginep doang dirumah temen gue sendiri yang rumahnya cuma beda gang aja malah kaga dibolehin. Nanti kebiasaan katanya.
- Gue ngeledekin anak kecil sampe nangis, atau gak mau ngalah sama adik sendiri atau anak kecil lainnya. Ayah langsung ngomel-ngomel gak jelas, padahal gue cuma iseng bercanda doang.

Ya masih banyak lah larangan-larangan lainnya, dari yang sepele sampe yang serius.
Dan intinya gue sekarang sadar kok. Semua yang ayah larang itu semua demi kebaikan gue juga.
Ayah larang karna ayah sayang. Ayah khawatir karna ayah peduli.
Semua tentang ayah itu gak bisa dijelasin atau diceritain hanya dalam 1 blog atau 1 buku,
ya intinya menceritakan tentang ayah atau ibu itu gak akan ada habisnya dan cukupnya.
Apalagi tentang ibu, karna ibu terlalu istimewa dan begitu berharga bagi gue.
Mungkin episode sinetron tukang haji naik bubur pun bisa kalah kalo cerita tentang ibu gue jadiin sinetron. 😁😬😂

Jadi segini lah kurang lebihnya cerita Tentang Aku Dengan Ayah yang bisa gue ceritakan dan bagikan sama kalian. Semoga bisa diambil baiknya dan dibuang buruknya.

Pesan gue adalah : Sayangilah orangtua kalian selagi masih ada, berbaktilah dari mereka masih ada sampai tiada. Jangan lupa untuk meluangkan waktu berkumpul bersama keluarga. Jangan pernah pelit dengan harta yang kalian punya, karna tidak akan miskin anak yang membelanjakan hartanya untuk membahagiakan kedua orangtuanya. Tidak ada keberhasilan dan kesuksesan tanpa do'a dan ridho orangtua. Harus selalu ingat, tanpa kedua orangtua kita bukanlah apa-apa dan siapa-siapa. Bahagia kita adalah bahagia mereka. Bahagia mereka adalah kunci surga dan kunci kesuksesan kita.

Selamat beraktifitas dan sampai jumpa.


Komentar

Popular Post