My Sweet Twenty-Two

https://id.pinterest.com/pin/524599056591957464/
sumber : pinterest

Holaaaaa semuanya..
Sudah lama ya hehehe
Ini cerita pertama gua di tahun 2019.

Gak kerasa ya hari berganti bulan, bulan berganti tahun.
Tepat tanggal 10 Maret 2019 kemarin usia gua genap 22 tahun.
OMG gak nyangka aja umur gua udah setua itu sekarang hahaha

Btw, makasih banget buat yang pada do'ain gua kemaren. Semoga do'a-do'a baik kalian segera diijabah sama Allah SWT dan balik lagi juga ke diri kalian masing-masing.
Dan buat sahabat-sahabat gua ya udah jelas sih makasih banget-banget buat waktunya, kejutannya, kadonya, do'anya dan semuanya. Semoga Allah bales kebaikan kalian juga lebih dari itu.
Gatau sih harus kaya gimana ungkapin rasa bahagianya punya dan kenal kalian. Yang jelas gua merasa beruntung juga bersyukur punya kalian. ❤❤❤

Jujur banget gua gak nyangka sama sekali kalo tahun ini bakalan dapet kejutan lagi.
Karna gua mikirnya udah tua, yakali segala masih bakal dikerjain atau dikasih surprise.
Walaupun dari lubuk hati gua yang paling dalam emang gua tetep ngarepin hal itu :D

Kalian mau tau gimana mereka surprisein gua ?
Mereka ber 7 dateng tengah malem kerumah gua jam setengah 1 kurang.
Mereka nyuruh adek bontot gua buat bangunin gua yang kebetulan ada diluar karna dia mau begadang di bale depan rumah sama temen-temennya. Pas dibangunin gua gak kaget karna gua pikir masih jam 11an, gua kira temen gua yang biasa beli pulsa kan, gua pikir emang ada perlu kali makanya gua langsung bangun dan samperin.
Eh pas keluar ternyata rame ada 7 manusia rusuh lagi pada ngumpul nungguin gua wkwkwk

Yaudah gua dinyanyiin lagu Happy Birthday, dikasih mie goreng bentuk kue (yang katanya kue spesial buat gue tapi akhirnya dimakan dan dihabisin pampam karna emang gua gamau udah tengah malem juga dan itu mie + nasi pula), disuruh tiup korek bukan lilin karna gak ada yang lagi jadi babi hahaha *becanda sayang* terus dikasih kado dan disuruh buka kadonya saat itu juga.

Kalian tau dibungkusnya berapa lapis ? Ratusan ! *becanda sayang*
Gak kok cuma sekitar 10 lapis doang tapi dilapisin lakban full sama plastik juga.
Bisa kalian bayangin lah ya gimana gemesnya gua buka itu kado dengan tangan kosong ?
Sebenernya udah dikasih tau suruh buka pake gunting, tapi gua males buat ambil kedalem.
Jadi apa yang ada aja gua pake buat buka tuh kado. Karna kebetulan gua liat mereka bawa korek, jadi gua buka dengan cara dibakar biar ada sedikit celah buat ngerobek.
Pas udah hampir sampe kotak kadonya gua nyerah, gua capek nyakitin jari gua sendiri akhirnya gua cari benda tajam disekitar gua dan nemulah gunting tumpul yang udah copot jadi 2 gitu, yaudah gua sobek pake itu dan berhasil buka isi kadonya. Dan isi kadonya bener-bener gua suka. Suka dari warnanya, bahannya juga modelnya.
Pilihan kalian emang selalu terbaik :).

Gua sih sebenernya udah curiga pasti mereka ngerjain gua lagi saat buka kado. Tapi mereka coba nenangin gua sambil bilang "dikit kok, orang bungkusinnya aja gak sampe 5 menit, gak sebanyak tahun kemaren kok" tapi nyatanya tetep berhasil bikin gua naik darah ☺

Sampe mama gue nanya gini paginya :
"emang kadonya apaan si kak sampahnya sampe banyak banget gitu ?"
Mungkin mama lupa kejadian tahun lalu, yang seisi ruang tamu gua dipenuhin sama koran-koran dari lapisan kado yang mereka kasih buat gua.

Sebenernya gua gak nyangka aja kalo mereka bakal kasih kejutan tengah malem, bakal keluar dan dibolehin juga sama orangtuanya. Apalagi ada yang pada kerja masuk pagi. Gak nyangka juga kalian bakal beneran lakuin hal kaya gitu dan masih mikirin soal ulang tahun gua. Terhura akutuh.
Inget masalah sebelumnya yang gua sempet ngambek gak jelas dan sampe males ketemu sama beberapa dari kalian tapi ternyata kalian gak lupa dan tetep berusaha ciptain momen spesial buat gua, padahal gua mikirnya kalian bakal males juga buat mikirin soal ulang tahun gua karna sikap gua waktu itu. Pokoknya kalian terbaik lah, sayang banget gua sama kalian walaupun terkadang kalian juga semenyebalkan itu.

Sebenernya sih cuma karna masalah sepele, tapi saat itu guanya lagi dalam mood yang buruk jadi gua emosi sendiri sampe akhirnya gua ngelakuin hal bodoh yang ngerugiin diri gua sendiri. Yang akhirnya setelah keadaan membaik malah jadi ngerasa canggung. Dan gua benci suasana kaya gitu :'(. Rasanya waktu pengen gua putar ulang. Sayang aja waktu bukan oreo yang bisa diputar.

Jujur sebenernya setelah gua tenang, gua sadar saat itu gua salah, tapi gua terlanjur sebel sama kalian.
Sekalian curhat disini aja ya, maaf kalo gua terlalu pengecut. Udah lama pengen ngelurusin ini tapi gua malu ngomong langsungnya apalagi nanti pasti gua nangis. Awalnya cuma kesel dan males sama 1 orang doang eh tapi gua jadi males sama 2 orang dan akhirnya merembet jadi 4 orang.

Gua sadar saat itu gua yang terlalu baper, gua yang terlalu egois, gua yang terlalu membesar-besarkan masalah sepele, gua yang terlalu gila hormat karna gua ngerasa gua yang lebih tua dan lebih dewasa makanya gua ngerasa pantes buat dihormatin dengan cara kalo gua tersinggung sedikit oleh siapapun dari mereka ya mereka harus minta maaf. Padahal dalam hubungan pertemanan yang kaya gitu mah pasti udah biasa banget soal salah ngomong atau bercandanya kelewatan.

Gua lupa kalo kita itu sahabat yang bisa jadi apa aja.
Kita berteman gak pandang umur dan gak pandang bulu. Ada saatnya bisa jadi seorang kakak, ada saatnya jadi seorang adik yang manja, ada saatnya harus bisa jadi orangtua, ada saatnya juga jadi lawan debat, ada saatnya kita jadi temen curhat sepantaran. Gua pun pasti pernah salah ngomong ke mereka tanpa sadar, cuma bedanya mereka gak ambil hati dan ambil pusing apalagi sampe ditampakin banget kaya gua yang sampe ngambek dan males berhari-hari bahkan sampe berbulan sama mereka.

Saat itu gua ngerasa udah jadi temen yang paling baik makanya gua ngerasa berhak nuntut mereka buat bersikap baik sama gua. Gua ngerasa gua yang paling ngertiin mereka dan selalu berusaha ngertiin mereka tapi mereka gak ada satupun yang ngertiin gua. Gua ngerasa paling dewasa dan paling bener makanya gua ngerasa berhak atas mereka buat selalu dengerin dan nurutin apa kata gua. Gua ngerasa gua yang paling kenal dan ngerti sifat mereka masing-masing tapi mereka gak ada satupun yang kenal dan inget sama sifat gua. Dan akhirnya gua sadar semua perasaan gua tentang hal itu salah. Gua masih jauh dari kata baik. Dan gua sadar kalo gak ada manusia yang sempurna, justru kekurangan kita lah yang menyempurnakan hubungan persahabatan. Gua gak bisa nuntut semua orang harus bersikap sesuai apa yang gua mau, gak bisa ngontrol hati dan mulut siapapun cuma buat ngehargain dan selalu jaga perasaan gua. Gua malu sama sifat gua yang terlalu childish itu.

Gua yang salah saat itu. Padahal gua yakin dia gak ada niat buat nyakitin hati gua. Dia cuma bercanda tapi kebetulan aja waktunya yang gak tepat. Dan ternyata sikap yang gua ambil malah bikin keretakan dalam hubungan persahabatan kita. Gua yang ngejauh karna awalnya gua pengen mereka sadar. Tapi ternyata semuanya gak sesuai kemauan gua.

Gua lupa, emang gua siapa ? Punya kuasa dan hak apa buat ngatur mereka ? Emang gua sehebat apa sampe harus semua orang yang gua sayang harus nurutin semua mau gua ?
Dan sikap yang gua ambil saat itu malah menciptakan jarak yang jauh antara gua dan mereka. Juga itu berlangsung lama. Kita bersikap seolah baik-baik aja didepan orang-orang tapi gak untuk pribadi. Jujur saat itu ngerasa jadi orang munafik banget sumpah. Dan gua kesel sendiri sama perasaan itu.
Gua harus bersikap baik-baik aja padahal hati gua nolak karna masih ngerasa kesel. Karna emang dari awal yang gua pengen tuh dia sadar salahnya dimana dan harusnya minta maaf. Tapi setelah gua merenungi diri sendiri dan banyak baca-baca kalimat sindiran juga kalimat bijak. Gua mikir :
"Apa iya gua berhak nuntut dia buat minta maaf ? Emang gua udah sebaik apa ?
Yakin gua gak pernah nyakitin hati orang lain terus gua gak langsung minta maaf ?
Sepantes itu gua buat gak maafin temen baik sendiri cuma karna masalah gak penting itu ?"

Sampe akhirnya gua sadar, gua rindu sama mereka.
Tapi gua gengsi buat menghampiri mereka duluan, karna gua udah berhasil menciptakan jarak diantara kita. Jadi kaya serba salah gitu. Malu tapi rindu, kesel tapi sayang.
Sampe stress gua tau mikirin cara biar mereka sadar, biar mereka kesindir, sampe kepikiran buat gimana caranya biar dia sakit hati sama omongan gua biar dia ngerasain apa yang gua rasain. Jahat banget kan pikiran dan hati gua saat itu. Gua tau itu bukan gua, gua kepikiran begitu tapi gua gak mungkin tega ngelakuin hal kaya gitu. Karna gua sayang sama mereka.

Karena saat kamu marah, kamu tidak ingin disalahkan selalu saja ingin merasa benar.
Kadang kita butuh gelap untuk bisa melihat terang, dan kita butuh suatu kesalahan untuk sebuah penyesalan.

Lama-kelamaan kita mulai saling membutuhkan lagi satu sama lain dan kita coba buat perbaikin hubungan kita yang renggang. Setelah mulai kumpul lagi, awalnya malah kaya berasa aneh dan canggung gitu. Gak suka banget sama suasana kaya gitu sumpah. Pengen langsung keluarin unek-unek tapi gak bisa. Gua tahan terus. Sumpah ya itu berasa aneh banget canggung main sama temen deket sendiri yang biasanya ceplas ceplos, ketawa lepas, saling ngecengin, asik banget apa aja diceritain, seru-seruan, terus tiba-tiba jadi kaya lagi ngebodohin diri sendiri rasanya. Sumpah saat itu selalu berasa ada yang ngeganjel walaupun kita kongkow bareng. Gua yang bodoh, terlalu lama nahan ego buat ngelurusin hal sepele itu yang sebenernya malah nyiksa perasaan gua sendiri.
Karna masalah itu gua sadar, ego gua sendiri lah yang bisa ngehancurin kebahagiaan diri gua sendiri.

Dan sekarang hubungan kita udah baik-baik aja kaya sebelumnya, walaupun gua masih ngerasa canggung dan aneh. Gua pun ngerasa mereka jadi lebih hati-hati buat bercanda sama gua :(.
Maafin gua ya temen-temen, maafin gua belum bisa jadi temen yang baik, belum bisa jadi contoh yang baik, selalu ngerasa dan bersikap seolah paling bener tapi gua sendiri belum bisa nerapin itu, maaf karna terlalu egois padahal gua yang lebih dewasa tapi gua sering gak mau ngalah, maaf karna gua udah lupa betapa baiknya kalian dan betapa beruntungnya gua punya temen baik kaya kalian, maaf gua belum bisa kurangin sifat pemarah gua dan belum bisa ilangin sifat childish gua, maaf pernah nyuruh kalian buat jangan pernah berubah dan tetap jadi orang yang selalu gua kenal tapi gua sendiri yang malah berubah, maaf pernah bodoh jauhin kalian karna masalah gak penting, maaf pernah pura-pura cuek dan gak peduli cuma demi jaga gengsi, maafin semua hal-hal yang gak baik yang udah pernah gua lakuin ke kalian. 

Gua malu pernah punya niat jauhin kalian, gua nyesel pernah kepikiran buat lupain kalian, padahal semua itu bertolak belakang banget sama hati gua.
Gua udah terlanjur nyaman jadi temen kalian, udah terlanjur sayang sama kalian, jujur gua gak bisa berhenti peduli sama kalian, sebenernya gua sakit dan sedih nahan rasa khawatir saat kalian berhenti ngadu apapun buat diceritain atau ditanyain ke gua kaya biasanya, gua bangga dan bersyukur kenal dan punya kalian, gua udah berasa kalian itu kaya sodara sendiri, yang kalo 1 sakit kita semua ikut sakit, kalo 1 bahagia kita semua ikut bahagia.

Maaf buat ketidaknyamanan waktu lalu, terimakasih sampai saat ini kita masih berteman dan udah selipin do'a tentang pertemanan kita.
Gua percaya do'a baik kita bakal diijabah sama Allah dan do'a baik kita untuk siapapun bakal balik lagi buat diri kita sendiri. Intinya gua bahagia dikasih rejeki temen-temen yang baik kaya kalian. ❤❤

do'a baik dari mereka

Oh iya ada 1 lagi sahabat gua yang biasa gua panggil cucu. Sebenernya gua ada feeling kalo dia lagi nyiapin something, aneh aja kan dia udah liat semua story IG sama WA gua tapi kok diem-diem bae. Gak mungkin banget dia gak ngucapin dan apalagi gak do'ain gua. Ternyata bener kan siangnya jam 10an gitu dia tiba-tiba dateng kerumah gua. Kayanya sih mau ngagetin tapi gua malah gak engeh karna gua kirain dia siapa soalnya pas gua lagi gak pake kacamata. Untungnya gua udah mandi juga loh hahaha pas banget ya waktunya. Dia kerumah gua bawa kado dan sepotong kue ulang tahun, niatnya kasih surprise tapi agak fail, karna tanpa persiapan jadi masangin lilinnya dan nyari koreknya pun didepan gua wkwk~ Benar-benar surprise buatan banget kan wkwk~
Asli itu bener-bener surprise terniat tapi gak bikin kaget, ngerti kan :D

Padahal gua gak mau tiup lilin tapi mau gimana lagi kan, sahabat sehati gua udah repot-repot nyiapin dan kasih surprise gitu masa iya gua jahat buat nolak. Udah gitu sengaja banget pake lilin magic, sampe pegel gua niupin berkali-kali tuh lilin udah mati malah nyala lagi mulu. Kan sueee bangat.
Pas udah bener-bener mati tuh lilin, dia yang malah ngatur-ngatur gua buat difoto sambil disuapin kue sama mama kan koplak ya, terus disuruh buka kadonya juga. Akhirnya gua buka dan gua suka banget sama kadonya. Ternyata dia inget sama omongan gua. Dulu gua pernah bilang pengen beli jilbab kaya punya dia tapi gak sempet-sempet dan akhirnya dikadoin sama dia. Seneng banget karna akhirnya gua punya jilbab yang gua mau, terus dia pilih warnanya cocok juga sama gua dan nyaman banget sampe sering gua pake karna beneran sesuka itu sama jilbabnya. Alhamdulillah.
Terus dia nyuruh gua baca suratnya, tapi gua gak mau. Baru setengah gua baca aja air mata gua udah ngembeng terus suara gua udah bergetar, jadi gak gua terusin karna emang malu soalnya pasti nangis.
Do'anya baik banget dan semoga Allah segera ijabah buat gua dan juga buat dia. Aamiin.

do'a baik dari cucu

Dia itu bener-bener tiada duanya sumpah.
Ya semua temen-temen deket gua emang baik, baik banget. Yang gak deket banget pun juga sama baiknya. Makanya gua bersyukur Allah baik banget temuin gua sama mereka. Allah ijinin gua buat punya mereka. Jadi mana mungkin gua bisa kufur nikmat sama rejeki Allah.

Cucu itu bisa dibilang belahan jiwa gua.
Dia udah kaya sodara sendiri, yang emang kita sodara seiman sih ya hihihi
Dia tuh multifungsi loh. Dia bisa jadi kakak, bisa jadi adek, bisa jadi pasangan, bisa jadi sahabat, bisa jadi lawan debat, dan sekarang dia bisa jadi ibu hahaha dia sendiri yang bilang gua itu anaknya. Ya gua tau itu bercanda. Tapi beneran dia itu juga bisa jadi kaya ibu ke 2 gua yang selalu support gua dalam masalah apapun. Dia bener-bener tempat gua bersandar, tempat gua curhat, tempat gua nangis dan ketawa, tempat gua manja sampe ngusel-ngusel karna emang dia itu kaya boneka beruang yang nyaman banget buat dipeluk sambil ngusel buktinya gua pernah ketiduran sampe nginep karna senyaman itu dikelonin dia asli dah wkwkwk, kalo temen gua yang lainnya pada kurus dan hampir sama kaya gua badannya jadi beda lah sensasinya :D udah gitu gimana ya jelasinnya pokoknya beda banget lah. Mereka punya porsinya masing-masing kok.

Makanya gua bahagia banget punya cucu, dia yang paling ngerti gua, paling selalu nurutin mau gua, gua BM itu diturutin, gua mau ketempat ini diikutin, tapi semua BM gua gak selalu keturutan saat itu juga kok kan punya dunia dan kesibukan masing-masing. Kita wujudin rencana kita saat kita ada kesempatan doang. Yang mikir dia bodoh dan gua manfaatin dia kalian salah besar. Kita begitu karna kita berdua sama-sama tau dan mengerti satu sama lain dan mengerti arti persahabatan yang kita punya. Dunia gua gak cuma dia dan dunia dia juga gak cuma gua tapi kita tau cara meluangkan waktu buat bersama dan memanfaatkan waktu kebersamaan kita.

Maaf ya cu kalo teteh sering nyebelin, sering pala batu, sering bikin cucu ngalah, sering bikin cucu khawatir sama ke sotoyan teteh, sering bikin cucu kesel dan bete, sering bikin cucu capek karna BM teteh, maaf belum bisa jadi temen yang lebih baik lagi dari cucu.
Makasih selama ini udah baik banget sama teteh, udah bantuin teteh terus, udah bahagiain teteh terus, udah jadi tempat ternyaman buat teteh, udah selalu jadi temen berpetualang teteh, pokoknya makasih buat semuanya yang udah pernah kita lakuin. Teteh bangga dan bahagia punya cucu.

Jadi pada intinya gua bersyukur dan juga bahagia banget dikasih rejeki sama Allah yaitu temen-temen deket / sahabat yang baik kaya kalian. Semoga kalian juga ngerasain hal yang sama kaya gua.

"Syarat persahabatan adalah memaafkan kesalahan, mudah dalam pergaulan dan membantu dalam kesulitan."

Dan untuk gua pribadi, diumur yang ke 22 tahun ini dan seterusnya.
Gua harus bisa jadi orang yang lebih dewasa lagi dalam menyikapi segala hal, harus bisa menghadapi masalah dengan pikiran jernih dan kepala dingin jangan asal emosi dan ikutin hawa nafsu, makin istiqomah lagi hijrahnya, makin perbaikin lagi akhlaknya, harus bisa jadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya, harus bisa ilangin sifat-sifat buruknya minimal dikurangin sifat pemarahnya, ngambekannya, baperannya, egoisnya, cerobohnya, malesnya, harus bisa konsisten lagi sama semua rencana baiknya, harus bisa jadi orang yang lebih jujur lagi sama diri sendiri dan orang lain, semoga tahun ini segala apapun yang udah direncanain bisa diwujudin semua, harus bisa jadi contoh yang baik buat adek-adeknya dan harus bisa jadi orang yang lebih bertanggung jawab lagi dalam hal apapun, harus bisa jaga kesehatan dan sayangin diri sendiri, harus bisa lebih menghargai waktu dan lebih mencintai diri sendiri, harus jadi wanita hebat dan pekerja keras jadi gak boleh males-malesan, harus jadi orang yang mengingat kenangan menyenangkan daripada kenangan menyedihkan, pokoknya gua harus bisa jadi orang yang menjalani hidup dengan benar. Semoga Allah selalu lindungin jalan gua, berkahin umur gua, selalu lancarin dan mudahin segala urusan gua, semoga makin ditambah dan dilancarin lagi rejekinya, harus bisa jadi wanita sholehah, semoga segera dipertemukan dengan jodoh yang baik dan sholeh, semoga bisa selalu menebarkan kebaikan dan kebahagiaan buat siapapun, semoga bisa jadi orang sukses dunia akhirat, semoga jadi anak yang selalu berbakti sama kedua orangtua dan semoga meninggal dalam keadaan husnul khotimah karna umur manusia gak ada yang tau.
Aamiin Aamiin Aamiin Yarobbal Alamin. 

Komentar

Popular Post